Haruskah Memakai Masker Saat Bersepeda?

Kompas.com - 07/06/2020, 16:48 WIB
Ilustrasi pesepeda. PexelsIlustrasi pesepeda.

KOMPAS.com— Hampir semua pusat kebugaran atau sarana olahraga masih ditutup sehingga kini banyak orang memilih bersepeda sebagai alternatif aktivitas fisik. Selain membuat tubuh bugar, bersepeda ke luar rumah juga dapat mengurangi rasa bosan dan suntuk.

Namun, karena pandemi belum berakhir pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker saat keluar rumah dan menjaga jarak.

Apakah saat bersepeda kita juga harus memakainya? Apalagi penggunaan masker seringkali membuat kita sulit bernapas.

Menurut Patrick Davitt, direktur program ilmu sains kesehatan, bila tempat bersepeda atau olahraga lainnya tidak akan membuat kita bertemu banyak orang, kita bisa saja tak menggunakan masker.

“Tetapi jika kamu melihat seseorang di jalur yang akan kamu lalui, seberangi jalan dan menjauhlah,” kata Davitt.

Jika kita akan bersepeda di rute yang ramai sebaiknya tetap gunakanlah masker. Selain itu, saat bersepeda sebaiknya tetap menjaga jarak minimal empat meter.

Baca juga: Amankah Gowes di Luar Ruangan Selama Pandemi?

Para ahli mengatakan bahwa masker tidak dapat menandingi efektivitas jarak fisik, yang tetap menjadi salah satu cara paling penting untuk memperlambat penyebaran virus.

“Menjaga jarak minimal 1,8 meter dari orang lain lebih penting,” kata pakar kesehatan Dr. David Damsker.

Walau mengenakan masker, ingatlah bahwa itu tidak otomatis membebaskanmu dari kemungkinan terifeksi virus corona.

Baca juga: Kantor, Mal, hingga Stasiun dan Terminal di Jakarta Wajib Siapkan Parkir Khusus Sepeda saat PSBB Transisi

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X