Kompas.com - 10/06/2020, 09:37 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang dengan sengaja memilih untuk hidup dengan barang-barang yang diperlukan saja, dalam jumlah sedikit. Cara ini disebut dengan gaya hidup minimalis.

Konsep ini berangkat dari pemikiran bahwa seberapa banyak pun barang yang dibeli atau dimiliki, tak akan ada rasa cukup.

Sebaliknya, ketika mulai menjalani gaya hidup minimalis maka hidup akan terasa lebih bermakna dan tidak terlalu banyak hal tak penting memenuhi pikiran.

Manfaat menjalani gaya hidup minimalis

Setiap orang pada dasarnya bersifat materialistis, punya kecenderungan suka membeli dan memiliki barang tertentu. Ini tidak buruk, bergantung pada motif apa di balik keinginannya.

Namun orang juga bisa hidup bahagia dengan sedikit saja barang. Bahkan ada beberapa manfaat tambahan yang bisa didapatkan seperti:

Menghemat energi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika seseorang tinggal dengan begitu banyak barang, artinya energi yang dialokasikan untuk merawatnya pun tidak sedikit.

Bandingkan saja seorang minimalis yang hanya memiliki total 33 benda di lemari, pasti hidupnya terasa lebih lowong ketimbang yang memiliki ratusan barang.

Perlu ada energi khusus untuk menyimpan, menata, merawat, bahkan ketika mendelegasikan tugas itu pada orang lain seperti ART atau jasa laundry, tetap saja ada sumber daya yang harus dikeluarkan berupa uang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.