Terbukti, Pakai Masker Jadi Cara Terbaik Cegah Infeksi Covid-19

Kompas.com - 14/06/2020, 11:46 WIB
Ilustrasi masker. Image by Robert Pastryk from Pixabay.Ilustrasi masker.

KOMPAS.com - Memakai masker terbukti menjadi cara paling efektif dalam mencegah penularan virus corona, yang utamanya menyebar lewat transmisi udara.

Dilansir CNN, kesimpulan tersebut didapatkan dari hasil penelitian para peneliti di Texas dan California, Amerika Serikat.

Tim peneliti membandingkan tren tingkat infeksi Covid-19 di Italia dan New York, AS, sebelum dan sesudah aturan penggunaan masker wajah diwajibkan.

Baca juga: Masker Wajah dengan Perlindungan Maksimal, Berminat?

Hasil penelitian yang diterbitkan di Prosiding National Academy of Sciences menyebutkan, kedua lokasi mulai menunjukkan tingkat infeksi merata setelah kewajiban penggunaan masker wajah diberlakukan.

Memakai masker ditemukan dapat mencegah lebih dari 78.000 infeksi di Italia, selama 6 April dan 9 Mei, dan lebih dari 66.000 infeksi di New York City selama 17 April dan 9 Mei.

Penelitian juga menemukan, mengenakan masker wajah di rumah membantu menghentikan penyebaran virus corona di antara anggota keluarga.

Baca juga: WHO Sebut Masker Bukan Satu-satunya Cara Ampuh Cegah Virus Corona

"Memakai masker wajah di tempat umum adalah cara yang paling efektif untuk mencegah penularan antar-manusia."

"Praktik ini tidak mahal ini dan jika diberlakukan bersama dengan pembatasan sosial, karantina, dan pelacakan kontak secara simultan, dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19 sebelum vaksin ditemukan," tulis tim peneliti.

Para peneliti mengukur efektivitas berbagai strategi untuk menghentikan penyebaran infeksi dan mempelajari bagaimana virus itu tersebar.

Virus dapat menyebar melalui kontak langsung ketika seseorang mengeluarkan tetesan dari batuk atau bersin kepada orang lain.

Atau, bisa pula dari kontak tidak langsung ketika seseorang batuk atau bersin pada suatu permukaan benda yang kemudian disentuh oleh orang lain.

Baca juga: Perlukah Berhubungan Seks Pakai Masker Wajah untuk Cegah Covid-19

Virus juga bisa menyebar di udara melalui tetesan besar yang jatuh dengan cepat ke tanah dan tetesan kecil yang disebut aerosol.

Ini dapat berpindah sejauh beberapa meter kemudian menggantung di udara untuk sementara waktu.

Nah, untuk itu jangan sepelekan penggunaan masker, karena ternyata cara ini cukup efektif mencegah penyebaran virus corona lebih meluas.

Baca tentang


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X