Cara Memastikan Balita Tak Kekurangan Gizi

Kompas.com - 16/06/2020, 14:14 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Usia balita atau prasekolah merupakan periode yang penting karena pada masa ini proses perkembangan otak, psikomotor, dan psikososial anak sangat cepat.

Dengan nutrisi yang cukup, stimulasi yang tepat, dan kasih sayang orangtua, anak akan tumbuh sehat secara fisik dan mentalnya.

Namun, bagaimana orangtua mengetahui jika balitanya sudah cukup memperoleh nutrisi yang dibutuhkannya?

Menurut pakar gizi medik, Prof.dr.Saptawati Bardosono M.Sc, berat badan dan tinggi badan anak merupakan indikator kesehatan yang penting.

“Tinggi badan juga perlu diukur apakah pertumbuhannya sesuai dengan umurnya. Yang dikhawatirkan jika anak stunting,” kata Saptawati dalam acara peluncuran Dancow Nutritods yang diadakan secara virtual, Senin (15/6).

Sementara itu, untuk mengetahui apakah status gizinya baik, tidak kekurangan zat gizi makro dan mikro, menurutnya orangtua harus memastikan asupan anak lengkap.

Baca juga: 8 Nutrisi Penting untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

“Apakah asupan makan anak sudah lengkap jenisnya, ada makanan pokok, lauk pauk, protein, dan sayur. Kalau itu sudah selalu ada, maka kita tahu gizinya sudah cukup,” ujarnya.

Balita yang pertumbuhan dan perkembangannya baik juga dapat terlihat dari sikapnya yang aktif dan tidak gampang sakit.

“Itu berarti kekebalan tubuhnya bagus sehingga ia terlindungi dari penyakit,” imbuhnya.

Anak pada usia 1-5 tahun rentan terkena penyakit seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas dan diare.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X