Kompas.com - 17/06/2020, 14:11 WIB
Ilustrasi pasangan makan sehat untuk penuhi nutrisi Ilustrasi pasangan makan sehat untuk penuhi nutrisi

KOMPAS.com - Setelah menikah, kebanyakan orang berencana ingin segera memiliki momongan. Namun, nyatanya tidak semua pasangan dapat dengan mudah langsung diberikan kepercayaan ini.

Ada beberapa pasangan yang harus bersabar menunggu. Bahkan, ada pula yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan anak.

Terlepas dari itu semua, ada hal yang harus Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) ketahui sebelum hamil.

Pertama, pastikan usia Anda sudah di atas 20 tahun. Sebab, kehamilan di bawah usia 20 tahun dapat menyebabkan anak yang dilahirkan berisiko stunting.

Baca juga: “Kehamilan di Usia Muda Picu Stunting

Selanjutnya, menurut American Pregnancy Association, sehat secara fisik menjadi hal penting untuk dapat hamil. Pastikan Genbest tidak kelebihan atau kekurangan berat badan karena keduanya memiliki efek negatif pada kesuburan dan kehamilan yang sehat.

Tak kalah penting dari dua hal di atas adalah menjaga asupan nutrisi sang calon ibu. Beberapa makanan dipercaya dapat membantu meningkatkan peluang untuk hamil. Berikut ulasannya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: “Cegah Stunting Sejak Awal Kehamilan

Penuhi kebutuhan zat besi

Menurut National Institutes of Health, agar kesuburan berjalan optimal, wanita perlu memenuhi kebutuhan zat besi sebanyak 18 mg per hari.

Zat besi sendiri dibutuhkan supaya membantu mempertahankan siklus menstruasi agar teratur. Jika teratur, tentu kemungkinan untuk hamil akan semakin besar.

Anda bisa mengonsumsi makanan penambah kesuburan sekaligus kaya akan zat besi, seperti kacang-kacangan, bayam, brokoli, salmon, dan daging merah tanpa lemak.

Baca juga: "3 Hal yang Harus Ibu Hamil Lakukan untuk Mencegah Stunting"

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.