Kompas.com - 22/06/2020, 08:35 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com – Spons cuci piring termasuk dalam benda di dapur yang jadi favorit kuman. Padahal, kita menggunakannya untuk membersihkan alat makan dan alat masak.

Spons cuci piring memiliki banyak pori sehingga dapat menyerap apa saja, tidak cuma sabun dan air, tapi juga kotoran.

“Karena mudah menyerap dan juga menyimpan kelembaban, spons cuci piring dapat mengumpulkan banyak bakteri dan jamur,” kata Colleen Costello, pendiri Vital Vio, lampu LED untuk membunuh bakteri.

Spons cuci piring idealnya diganti secara rutin meski kita merasa kondisinya masih bagus. Frekuensi menggantinya tentu tergantung pada seberapa sering kita mencuci piring, namun kurang lebih kita bisa menggantinya seminggu sekali.

Baca juga: Agar Spons Cuci Piring Tak Tularkan Kuman

Kita juga bisa membersihkan spons cuci piring beberapa hari sekali dengan beberapa cara. Misalnya saja merendamnya dalam detergen mengandung pemutih selama sekitar lima menit.

Cara lain adalah mencucinya dnegan sabun cuci piring dan air panas untuk menghilangkan bakteri dari permukaannya.

Costello merekomendasikan agar kita selalu mengeringkan spons cuci piring setelah dipakai. Sebaiknya tidak meletakkan spons lembab di meja dapur agar tidak terjadi kontaminasi ke alat makan yang sudah bersih.

Jika spons mulai berbau, segeralah ganti dengan yang baru. Bau yang timbul merupakan tanda ada kontaminasi.

Baca juga: 5 Langkah Menata Ruang Penyimpanan di Dapur



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X