Batuk dan Demam, Gejala Klasik Covid-19

Kompas.com - 25/06/2020, 08:52 WIB
Saat batuk melanda, jangan sampai salah memilih obat batuk Dok. ShutterstockSaat batuk melanda, jangan sampai salah memilih obat batuk

 KOMPAS.com - Infeksi Covid-19 memiliki beberapa gejala utama, terutama batuk dan demam. Gejala lain adalah kelelahan, kehilangan kemampuan penciuman, dan sulit bernapas.

Gejala klasik Covid-19 itu dikonfirmasi dari hasil penelitian dari 148 riset berbeda dengan responden 24.000 orang dari 9 negara. Temuan ini juga mengonfirmasi WHO. Penelitian ini termasuk yang terbesar untuk mengetahui gejala- gejala Covid-19.

Dari data tersebut ditemukan:

- Sekitar 78 persen pasien menderita demam. Namun, hal ini juga bervariasi di tiap negara. 72 persen pasien di Singapura melaporkan gejala demam, sedangkan di Korea hanya 32 persen.

- Batuk juga menjadi gejala awal yang dialami 57 persen pasien. Namun, ini juga berbeda-beda proporsinya. Di Belanda, 76 persen pasien mengalaminya, sedangkan di Korea hanya 18 persen.

- Merasa kelelahan dialami 31 persen pasien.

- 25 persen pasien kehilangan kemampuan mencium.

- 23 persen melaporkan sulit bernapas.

Baca juga: Apakah Batuk Anda Gejala Covid-19? Simak Ciri-cirinya

Para peneliti meyakini variasi prevalensi gejala itu dipengaruhi oleh cara pengumpulan data.

Pada pasien yang butuh perawatan di rumah sakit, 17 persen butuh bantuan non-invasif untuk bernapas, 19 persen perlu dirawat di ruang ICU, dan 9 persen butuh ventilator invasif.

"Hasil analisis ini mengonfirmasi bahwa batuk dan demam adalah gejala utama pada orang yang positif Covid-19," kata Ryckie Wade, dokter bedah dan peneliti yang mengawasi studi tersebut.

Memastikan gejala awal Covid-19 sangat penting sehingga orang dengan gejala bisa dikarantina agar tidak menularkan virusnya pada orang lain.

Baca juga: Ini Daerah yang Angka Kematian Akibat Covid-19 Tertinggi...



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X