Kompas.com - 19/07/2020, 16:47 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Apa yang tersaji di piring sarapan kita sangat menentukan energi untuk memulai hari. Di Indonesia, menu sarapan sangat beragam, namun umumnya terdiri dari karbohidrat sederhana yang membuat gula darah cepat naik tapi juga cepat turun. Hal ini berarti tak berapa lama kita pasti akan lapar lagi.

Ada sumber karbohidrat lain yang bisa kamu coba menu sarapan yakni, oatmeal. Kandungan seratnya yang tinggi bisa membuat perut kenyang lebih lama. 

Supaya kita lebih berselera mengonsumsi oat, kita bisa membuat beragam kreasi hidangan atau menambahkan topping yang lezat tapi tetap sehat.

Berikut adalah lima manfaat jika kita rutin sarapan dengan oats.

1. Kaya akan nutrisi

Setengah cangkir gandum utuh kering mengandung 4 gram serat yang akan mengisi 14 persen dari target minimum harian, di samping 5 gram protein nabati.  Karbohidrat gandum juga mengandung spektrum vitamin dan mineral yang luas, termasuk zat besi, magnesium, seng, selenium, vitamin B, dan sejumlah kecil kalsium dan kalium.

Baca juga: Hindari Sarapan Terlalu Siang, Apa Sebabnya?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Antioksidan

Oats menghasilkan senyawa yang disebut polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, menurut sebuah studi 2018 di Food Research International. Selain itu, polifenol juga  dikaitkan dengan perlindungan terhadap penyakit jantung dan stroke, serta diabetes tipe 2 dan obesitas.

3. Oatmeal adalah makanan tinggi serat 

Jenis serat yang ditemukan dalam oat yang disebut beta-glukan terbukti mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi konsentrasi kolesterol dan gula darah. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X