Kompas.com - 23/07/2020, 10:49 WIB

KOMPAS.com - Memakai masker adalah salah satu cara yang penting untuk diterapkan demi mencegah penularan virus. Meski terdengar sederhana, namun tidak semua orang mau mengenakan masker.

Alasan tidak nyaman dan sulit bernapas paling sering jadi alasan. Terutama pada anak-anak.

Nah, orangtua bisa menerapkan lima tips berikut demi membujuk anak untuk mengenakan masker:

1. Minta saat dibutuhkan

Jangan menyepelekan pentingnya menyampaikan kebenaran pada anak. Kita tidak harus menceritakan detail mengerikan tentang penyebaran virus corona.

Orangtua bisa menggunakan bahasa sederhana dan menjelaskan kepada anak bahwa memakai masker adalah cara untuk mengamankan diri dari penularan virus, di samping tentunya tetap mengajarkan pentingnya mencuci tangan.

Jadi, buatlah pesan tersampaikan dengan cara yang sangat sederhana dan jujur.

Baca juga: Anak Juga Bisa Depresi, Apa Sebabnya?

2. Memberi contoh

Jika orangtua mempraktikkan penggunaan masker dengan baik ketika beraktivitas di luar rumah, bahkan mungkin di rumah, mereka mungkin akan mengikuti.

Ini akan membantu menghilangkan rasa takut memakai masker dalam pikiran mereka, karena orangtua mereka juga memakainya. Agar anak merasa lebih aman, Anda juga bisa menunjukkan foto teman-teman sekolahnya atau saudaranya yang juga memakai masker.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.