Kompas.com - 24/07/2020, 11:18 WIB


KOMPAS.com - Ketika Si Kecil telah lahir, Anda mungkin merasa ingin membeli baru semua perlengkapan bayi yang dibutuhkan. Hal ini yang dapat membuat pengeluaran menjadi semakin meningkat.

Sebetulnya kita menghemat dengan menggunakan perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun. Apalagi, beberapa barang ini memiliki harga yang tidak murah.

Kebanyakan barang bayi pun umumnya tidak rusak dan masih punya kualitas bagus apabila baru digunakan oleh satu anak saja. Nah, tidak ada salahnya kan untuk menggunakan perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun ketimbang beli baru.

Baik itu perlengkapan yang dipakai oleh sang kakak, maupun diberikan oleh saudara sepupu, berikut ini daftar perlengkapan bayi yang dapat digunakan.

1. Baby crib
Kebutuhan utama untuk bayi baru lahir adalah untuk tidur, karena itu, ketimbang membeli baby crib yang baru lagi, Anda dapat menggunakan baby crib yang tidak lagi dipakai.
Meskipun menjadi perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun, Tetapi, pastikan ranjang bayi tersebut masih layak pakai dan cek kembali standar keamanannya sebelum digunakan.

Baca juga: Jangan Gunakan Car Seat sebagai Tempat Tidur Bayi di Rumah

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

2. Kursi makan bayi
High chair atau kursi makan bayi pasti akan selalu dapat digunakan. Terutama ketika Si Kecil sedang memasuki usia MPASI. Karena itu, kursi makan ini juga merupakan perlengkapan bayi yang bisa dipakai turun temurun.

Untuk dapat menghemat pengeluaran, Anda bisa meminta kepada saudara, teman, atau tetangga yang memiliki kursi ini dan tidak lagi terpakai.

Jika bisa dipakai, jangan lupa dibersihkan dengan baik, dan pstikan kursi tersebut masih memiliki struktur yang kokoh dan aman digunakan untuk Si Kecil.

Baca juga: 3 Manfaat Tummy Time pada Bayi dan Kapan Harus Melakukannya

3. Stroller bayi

Stroller bayi menjadi alat transportasi utama Si Kecil yang tentunya sangat dibutuhkan. Tetapi, bagi beberapa ibu, stroller bisa memiliki harga yang mahal, dan masa waktu terbatas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.