Manfaat Herbal Rosemary untuk Kesehatan Otak

Kompas.com - 28/07/2020, 09:55 WIB
Tanaman rosemary yang memiliki banyak khasiat. ShutterstockTanaman rosemary yang memiliki banyak khasiat.

KOMPAS.com— Rosemary adalah herbal yang dikenal karena harum daunnya yang menyenangkan. Sering dipakai dalam masakan, herbal yang berasal dari wilayah Mediterania ini masuk dalam kelompok tanaman mint, yang juga termasuk oregano dan basil.

Rosemary memiliki manfaat sebagai bumbu makanan dan pengobatan karena sifat antibakteri dan antioksidannya, menurut Medical News Today.

Rosemary bahkan dianggap oleh Uni Eropa sebagai pengawet karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Dalam sejarah bahkan terungkap manfaat lain rosemary yang diyakini dapat meningkatkan kesehatan otak. Pada zaman Yunani kuno, para siswa diminta makan rosemary agar tampil lebih baik dalam ujian.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa asam carnosic yang ada dalam tanaman ini melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca juga: Mencium Aroma Rosemary Bisa Pertajam Ingatan

Ini karena stres oksidatif dilawan oleh antioksidan dalam rosemary, karena itu mencegah penyakit neurodegeneratif atau penurunan fungsi saraf. 

Baik minum air rendaman rosemary atau menghirup minyak esensial rosemary diklaim bisa meningkatkan fungsi kognitif.

Sebuah studi yang dipimpin oleh Andrew Pengelly, PhD dari Departemen Kedokteran Herbal Institut Tai Sophia di Maryland, meneliti dampak bubuk daun rosemary kering pada peningkatan kinerja kognitif.

Penelitian melibatkan 28 bukan perokok dengan kesehatan stabil dan rata-rata berusia 75 tahun diberi berbagai dosis bubuk rosemary. Mereka kemudian menjalani tes komputerisasi untuk memeriksa tingkat kinerja kognitif mereka.

Para peserta diuji lima kali setelah menerima dosis yang berbeda secara acak.  Ketika hasilnya dianalisis, para peneliti menemukan bahwa dosis terendah (750 mg) meningkatkan kecepatan memori lebih dari dosis tertinggi, yang memiliki efek sebaliknya.

Ini menunjukkan bahwa sejumlah kecil yang dikonsumsi melalui makanan adalah cara terbaik untuk memperoleh manfaat. Demikian kesimpulan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food pada Januari 2012.

Penelitian lain juga mengungkap, ketika kita menghirup aroma rosemary di kantor maka akan terjadi perubahan mood menjadi lebih baik dan juga kinerja otak.

Baca juga: Benarkah Thermo Gun yang Diarahkan ke Dahi Bisa Merusak Otak?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X