Converse dan Fear of God Hidupkan Kembali Sneaker Skidgrip

Kompas.com - 21/08/2020, 14:39 WIB
Skidgrip Converse X Fear of God ConverseSkidgrip Converse X Fear of God
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Converse dan Fear of God Essentials kembali bekerja sama untuk menghidupkan sepatu model Skidgrip yang sudah berusia 110 tahun.

Sebagai salah satu siluet paling awal, Skidgrip telah berulang kali dirilis ulang, dan kali ini, pendiri Fear of God Jerry Lorenzo menafsirkannya kembali berdasarkan ingatan masa kecilnya di akhir tahun 80-an.

Ketika pertama kali muncul pada tahun 1910, Skidgrip dikenal sebagai Circular Vamp Oxford (singkatnya CVO), tetapi pada tahun 1960-an ia mulai dikenal dengan nama Skidgrip berkat sol anti selipnya.

Sepatu itu kemudian menjadi perlengkapan utama di kalangan pemain skate, penunggang BMX, bahkan para peselancar di California, pada tahun 80-an.

Saat itulah Lorenzo pertama kali melihatnya dan terpesona, sebagai seorang remaja yang pindah dari California ke Florida Selatan. "Saya menemukan Skidgrip di mal dan menjadi sepatu favorit saya sejak itu," kata sang desainer.

Skidgrip FoG Essentials didesain dengan warna yang berani dari tahun 80-an. Gambaran ini awalnya dirancang oleh Jams yang berbasis di California pada tahun 1987 - ketika sepatu itu dikenal secara komersial sebagai Con-Rad. Ia menggabungkan warna biru, ungu dan merah untuk gaya musim panas yang mencolok.

Baca juga: Desain Kolaborasi Converse X FOG Bocor di Internet, Seperti Apa?

Kerah high-top rilisan baru ini memiliki bentuk yang sedikit lebih ramping dari aslinya, sementara sol karet OG dibuat ulang dengan cermat, dengan kemiringan ke bawah 30% dari tumit hingga ujung kaki.

“Sol ini menjadi bagian penting saat kita melihat sneakernya. Ia sangat mirip dengan sepatu-sepatu FoG, Fear of God 101, dan memberikan perasaan yang sama saat kita melihat ke bawah, yaitu seperti melihat ke Skidgrip di akhir tahun 80-an,” kata Lorenzo.

Sepatu Converse X Fear of God Essentials Skidgrip akan diluncurkan pada 27 Agustus dengan harga 120 dollar AS atau sekitar 1,75 juta. Kabarnya seri ini juga akan masuk ke Indonesia.

Baca juga: Converse Akan Rilis Kembali FOG Essentials dengan Jumlah Terbatas



Sumber Hypebeast
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X