Mengatasi Kulit Kaki Kering, Apa yang Bisa Dilakukan?

Kompas.com - 23/08/2020, 17:56 WIB
Ilustrasi kaki kering shutterstockIlustrasi kaki kering
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kulit kaki mungkin termasuk bagian yang kurang diperhatikan dalam perawatan sehari-hari. Namun jika kulit di kaki menjadi kering, kamu bisa jadi merasa tidak nyaman dengan penampilannya.

Selain mengganggu penampilan, kondisi ini juga dapat mengundang rasa gatal yang luar biasa. Kulit yang mengering juga dapat menyebabkan munculnya gejala mengganggu lainnya, mulai dari kulit kemerahan dan mengelupas, pecah-pecah, hingga perdarahan jika digaruk.

Ya, kulit kaki kering dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, baik itu di rumah ataupun tempat kerja. Ditambah lagi, kondisi ini dapat menyerang individu berbagai kalangan usia.

Nah bila kamu mengalaminya, ketahuilah penyebab dan cara mengatasi kulit kaki kering, supaya terhindar darinya.

1. Dermatitis kontak alergi

Dermatitis kontak alergi terjadi saat kulit bersentuhan dengan benda yang memicu sistem imun tubuh bereaksi berlebihan.

Misalnya sabun mandi, air liur dari gigitan atau jilatan hewan peliharaan, atau hal lain yang mengundang reaksi alergi. Salah satu gejala dermatitis kontak di kaki ialah kulit kering.

2. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik merupakan kondisi yang menyebabkan kulit kemerahan dan gatal. Penyakit kulit yang umum ini seringkali menyerang anak kecil. Namun bukan berarti orang dewasa dapat terhindar darinya.

Biasanya, eksim ditemani gejala lain seperti asma. Eksim dapat muncul di berbagai bagian kulit, termasuk kaki. Itulah sebabnya eksim dapat membuat kulit kaki kering.

Baca juga: Punya Penyakit Kulit Eksim? Ini Cara Mudah Merawatnya di Rumah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X