Kompas.com - 23/08/2020, 18:19 WIB
Ilustrasi rambut ikal shutterstockIlustrasi rambut ikal
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah kamu termasuk pemilik rambut ikal? Jenis rambut ini memiliki bentuk folikel yang berbeda dari rambut lurus, di mana pemilik rambut ikal memiliki bentuk folikel yang asimetris.

Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2018 yang diterbitkan pada Journal of Biology, ada dua teori yang mengungkapkan alasan rambut seseorang berbentuk ikal.

Teori pertama menyatakan bahwa sel-sel rambut pada salah satu tepi folikel rambut lebih banyak dari tepi lainnya.

Sisi rambut dengan sel yang lebih sedikit kemudian membentuk bagian cekung (dalam) rambut ikal, sementara bagian sisi rambut yang lebih banyak memiliki sel rambut membentuk bagian cembung (luar) rambut ikal.

Teori yang kedua mengungkapkan bahwa rambut ikal dikarenakan perbedaan ukuran panjang sel rambut pada bagian cekung dan cembung helai rambut, di mana sel rambut pada folikel bagian cembung lebih panjang dari sel rambut yang berada pada bagian cekung rambut ikal.

Para ilmuwan menyebutkan bahwa rambut juga dipengaruhi oleh gen yang mengendalikan bentuk rambut bernama trychohyalin (THCC). Gen ini berfungsi memperkuat rambut dan memiliki banyak varian berbeda yang memengaruhi bentuk rambut.

Jenis rambut ikal sangat beragam berdasarkan tingkat keikalannya. Jika dibandingkan dengan jenis rambut lurus, merawat rambut jenis ini mungkin akan lebih rumit, terutama rambut ikal pria.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rambut ikal mampu memberikan gaya tersendiri dan membuat rambut lebih bervolume. Namun, jenis rambut ikal secara alami memiliki tekstur lebih kering, bahkan cenderung rapuh, kasar, dan mudah kusut.

Baca juga: Menyiasati Rambut Ikal yang Merepotkan

Oleh karena itu, perlu perawatan ekstra untuk menjaga rambut ikal agar tetap sehat dan mudah diatur. Berikut ini adalah tips untuk perawatan rambut ikal pria:

  • Hindari memijat rambut terlalu lama atau terlalu singkat saat keramas. Pijat lembut rambut hanya pada bagian akarnya saja kemudian bilas hingga bersih.
  • Sampo yang memberikan efek menutrisi, melembapkan, menguatkan akar rambut dan melembutkan bisa menjadi pilihan utama pemilik rambut ikal. Kamu bisa menjadikan sampo dengan kandungan minyak kelapa sebagai pilihan.
  • Sampo berbentuk krim cenderung lebih mampu melembutkan rambut ikal jika dibandingkan sampo berbentuk gel.
  • Gunakan sampo bebas sulfat karena kandungan sulfat dapat membuat kelembapan rambut berkurang.
  • Gunakan conditioner sehabis keramas agar rambut tidak kusut. Conditioner berfungsi menutrisi kutikula rambut dan menutupnya kembali.
  • Penggunaan deep conditioner seminggu sekali dapat membantu menjaga rambut ikal tetap lembut dan sehat.
  • Penggunaan produk perawatan rambut tambahan, seperti tonik atau serum rambut, untuk melembutkan juga dapat memberikan manfaat bagi rambut.
  • Produk khusus untuk mencegah rambut bercabang juga dapat memberikan dampak yang baik untuk perawatan rambut ikal.
  • Karena cenderung kering, pemilik rambut ikal sebaiknya jangan terlalu sering berkeramas. Dua kali seminggu saja sudah cukup untuk merawat dan menjaga kelembapan rambut ikal.
  • Jangan menggosok rambut dengan kasar menggunakan handuk karena dapat menyebabkan rambut ikal menjadi kusut. Sebaiknya tepuk-tepuk lembut rambut dengan menggunakan handuk.
  • Sisir panjang dapat digunakan untuk menghilangkan kusut dan membuat ikal rambut tampak lebih terlihat.
  • Sebaiknya hindari mengeringkan rambut dengan menggunakan alat pengering rambut. Cukup gunakan jari untuk membentuk ikal rambut sesuai keinginan dan biarkan rambut kering secara alami.
  • Jika sedang terburu-buru, kamu dapat menggunakan pengering dengan tambahan diffuser. Alat tambahan ini berfungsi untuk menyebarkan udara yang bertiup pada rambut, sehingga mengurangi kusut. Selain itu, pola gelombang alami rambut ikal juga bisa tetap terjaga.

Saat ini, pemilik rambut ikal memiliki banyak sekali pilihan gaya rambut yang menarik. Selain perawatan sendiri, ada baiknya kamu menggunakan jasa penata rambut yang telah berpengalaman menangani rambut ikal.

Hal ini tentunya dapat membantu untuk mendapatkan gaya rambut dan perawatan terbaik bagi rambut ikal yang kadang sedikit rumit.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Rambut Gondrong dan Keriting

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.