Mengenang Barli Asmara, Desainer Sukses yang Rendah Hati

Kompas.com - 27/08/2020, 16:42 WIB
Desainer Barli Asmara bersama busana rancangannya di Indonesia Fashion Week 2019. Dok. WardahDesainer Barli Asmara bersama busana rancangannya di Indonesia Fashion Week 2019.

KOMPAS.com— Kabar meninggalnya desainer kenamaan Barli Asmara membuat dunia fashion Indonesia berduka. Apalagi perancang busana itu meninggal di usai yang cukup muda yakni, 42 tahun pada Kamis (27/8/2020).

Barli memulai kariernya dengan meluncurkan koleksinya sesuai dengan namanya di tahun 2002. Lelaki kelahiran Bandung itu memproduksi pakaian siap pakai dan couture.

Walau tidak pernah menempuh pendidikan di sekolah mode, tetapi karya-karyanya mendapat pengakuan dari insan mode tanah air. Ia pernah menyabet berbagai penghargaan, diantaranya: Desainer terbaik Pilihan Dewi Knights, AMICA Young Talented Designer Award, ELLE Designer of the year, The Best 20 Designer for High End Masterpiece, Kartika Magazine Best Designer of The Year.

Pengetahuan tentang dunia mode didapat saat ia nekat menjadi pesuruh di sebuah rumah mode.

Berbekal pengetahuan selama bekerja, ditambah pengenalan tentang kain, pada tahun 2001 Barli memulai usaha sendiri di rumah kontrakan. Bisnisnya terus berkembang.

Baca juga: Kabar Duka, Desainer Barli Asmara Meninggal Dunia

Selain merancang busana untuk lebal utamanya Barli Asmara, pria kelahiran 3 Maret 1978 ini juga memiliki dua lini busana lain yakni, label fesyen pria “B Homme” dan label busana busana muslim wanita “ B oleh Barli Asmara ”.

Tangan dingin Barli di dunia fashion memang tak diragukan lagi. Barli dikenal sebagai desainer dengan kreasi seni yang kerap mempresentasikan keindahan dengan memperhatikan detil dari setiap busana rancangannya.

Berdonasi di tengah pandemi, desainer Barli Asmara berikan koleksi busana desain ekslusif melalui Dompet Dhuafa untuk dilelang dan didonasikan bagi sesama.DOK. Humas Dompet Dhuafa Berdonasi di tengah pandemi, desainer Barli Asmara berikan koleksi busana desain ekslusif melalui Dompet Dhuafa untuk dilelang dan didonasikan bagi sesama.

Barli sangat suka menambahkan detil berupa manik-manik, mutiara, permata, fringe dan bulu sebagai detail fashion yang memikat, serta mempraktikkan macramé, smocking, dan bordir dalam koleksinya.

Tak hanya di dalam negeri, Barli juga pernah membawa nama Indonesia dengan menggelar peragaan busana New York Fashion Week: First Stage Spring Summer 2018.

Baca juga: Barli Asmara Siapkan Koleksi Busana Harga Miring

Saat itu, Barli memboyong koleksi yang terinspirasi dari zaman Victorian, Barli Asmara mengangkat tema Canities Subita.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X