Lebih Plong dengan Minum Kopi yang Diperoleh Secara Etis

Kompas.com - 10/09/2020, 18:45 WIB
Ilustrasi bibit kopi untuk petani StarbucksIlustrasi bibit kopi untuk petani
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat ini konsumen semakin peduli terhadap apa yang dibelinya. Orang lebih sadar untuk memilih produk yang ramah lingkungan atau didapatkan secara etis dan tidak melanggar hak orang lain.

Oleh karena itu, bisa menghasilkan produk yang etis, baik untuk lingkungan maupun masyarakat, adalah sebuah pencapaian yang patut dirayakan. Dan itulah yang dirayakan juga oleh Starbucks di seluruh gerainya karena seluruh kopi Starbucks terverifikasi 99% diperoleh secara etis.

Adapun yang dimaksud diperoleh secara etis adalah Praktik Coffee and Farmer Equity (C.A.F.E. Practices), yang memastikan pasokan kopi yang berkelanjutan, serta berdampak positif bagi kehidupan petani kopi dan masyarakat sekitarnya.

C.A.F.E. Practices mencakup standar-standar ekonomi (dalam arti tidak merugikan petani), dan praktek ramah lingkungan yang harus dipenuhi oleh semua petani dan pemasok kopi Starbucks. Hal ini diverifikasi oleh Conservation International.

"Misi Starbucks untuk menginspirasi dan memelihara semangat kemanusiaan tidak sekadar mencakup partner (karyawan) dan pelanggan, namun juga terhadap masyarakat tempat kami berada, dari awal hingga akhir (from seed-to-cup)," ujar Andrea Siahaan, senior general manager of corporate PR & communications, PT Sari Coffee Indonesia.

Maka untuk merayakannya, khusus pada 9 September, cup minuman pelanggan akan dituliskan ‘99%’.

Ilustrasi petani kopiStarbucks Ilustrasi petani kopi
Selain itu, melalui program Grounds for Your Garden yang terdapat di beberapa gerai, pelanggan dapat memperoleh ampas kopi yang telah dikeringkan secara gratis agar dapat digunakan sebagai pupuk organik tanaman di rumah.

"Program tersebut merupakan implementasi salah satu area utama C.A.F.E. Practices, yaitu untuk mengelola limbah sebagai langkah mengurangi dampak kepada lingkungan. Inisiatif ini kami aktifkan kembali untuk menjadikan material yang masih dapat memberikan manfaat agar tidak berakhir di tempat pembuangan,” lanjut Andrea.

Sebagai bentuk selebrasi, pelanggan juga dapat menikmati penawaran khusus. Untuk setiap pembelian minuman kopi apa saja, kita bisa menikmati potongan harga 99% untuk pembelian minuman kedua, berlaku di seluruh gerai Starbucks di Indonesia.

Yang jelas, bila kita mengetahui bahwa produk yang kita pakai atau kita konsumsi diperoleh dengan cara etis, maka menikmatinya juga lebih plong, karena apa yang kita belanjakan bisa memberi manfaat bagi orang lain dan Bumi kita.

Baca juga: Ampas Kopi: Sering Dilupakan, tapi Bermanfaat untuk Kesehatan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X