Ampas Kopi: Sering Dilupakan, tapi Bermanfaat untuk Kesehatan

Kompas.com - 11/05/2020, 11:25 WIB
Ilustrasi kopi untuk bahan perawatan kulit voraornIlustrasi kopi untuk bahan perawatan kulit
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apa yang kamu lakukan setelah selesai minum kopi? Kebanyakan orang hanya menikmati kopinya saja, kemudian ampasnya akan dibuang ke tempat sampah.

Namun setelah mengetahui manfaat ampas kopi di bawah ini, kamu mungkin akan berpikir dua kali untuk membuangnya. Apa manfaat ampas kopi?

Biasanya ampas kopi tidak hanya digunakan untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga keperluan seperti bercocok tanam, misalnya untuk menyuburkan tanah. Tapi rupanya ada manfaat ampas kopi untuk kesehatan.

1. Menghilangkan kutu dari hewan peliharaan

Kutu yang ada pada bulu hewan peliharaan, tidak hanya membahayakan hewan peliharaan, tapi juga kesehatan kita. Sebab, kutu bisa membawa berbagai macam penyakit yang bisa menular. Salah satu penyakit yang dibawa kutu hewan adalah tipus.

Setelah hewan peliharaan dimandikan dengan shampo, oleskan saja ampas kopi ke bulunya, kemudian bilas dengan air bersih dan tunggu sampai kering. Beberapa orang juga percaya, manfaat ampas kopi bahkan mampu membuat bulu hewan lebih halus.

Namun ingat, ampas kopi tidak seefektif obat kutu hewan yang biasanya dijual oleh dokter hewan. Maka dari itu, disarankan tetap membeli obat kutu yang diresepkan dokter hewan, untuk menghilangkan kutu pada bulu hewan peliharaan.

Baca juga: Kutu Banyak Ditemui pada Anak yang Sering Main “Gadget”, Mengapa?

2. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat ampas kopi untuk kecantikan kulit sangatlah bervariasi, salah satunya mengangkat sel kulit mati. Sebab, ampas kopi bertekstur kasar, sehingga bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang membandel.

Campurkan saja sedikit ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, kemudian gosokkan ke tubuh atau wajah.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X