Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 28/09/2020, 14:14 WIB
Menggunakan masker di masa adaptasi baru Covid-19 bisa memicu munculnya jerawat Shutterstock/AslysunMenggunakan masker di masa adaptasi baru Covid-19 bisa memicu munculnya jerawat

KOMPAS.com - Memencet jerawat di wajah terkadang kita lakukan tanpa sadar dan bisa menjadi kebiasaan.

Dermatolog Dr. Joshua Zeichner memahami bahwa jerawat yang merah dan matang memang membuat kita tidak nyaman dan tidak enak dilihat, namun bukan berarti kita boleh sembarangan memencetnya.

Memencet jerawat bisa mengganggu pelindung kulit (skin barrier) dan menimbulkan luka. Kondisi itu memungkinkan lebih banyak bakteri masuk, yang dapat menyebabkan infeksi.

Skenario terbaiknya adalah biarkan jerawat mengering dan sembuh tanpa meninggalkan bekas. Memicu luka bekas jerawat secara sengaja hanya hanya akan menyebabkan lebih banyak iritasi dan kemungkinan jaringan parut.

Jadi, jauhkan tanganmu dan biarkan jerawat sembuh sendiri.

Baca juga: 5 Faktor Utama Pemicu Jerawat pada Wanita, Sudah Tahu?

Mencegah keinginan memencet jerawat

Psikiater yang memiliki spesialisasi pada gangguan mengelupasi kulit, Dr. Lisa Zakhary mengatakan, salah satu cara paling efektif untuk berhenti memencet jerawat adalah dengan mengidentifikasi dan mengatasi pemicunya.

Zakhary mengatakan, banyak orang tak tahan untuk mengelupasi atau mengutak-atik sesuatu di kulit sesuatu sebagai cara untuk mengatasi kecemasan, depresi, atau emosi negatif.


IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Jika kamu menyadari perasaan yang membuatmu ingin mengelupasi sesuatu, dalam hal ini memencet jerawat, Zakhary merekomendasikan untuk melakukan beberapa hal:

1. Menahannya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X