Tips Berbelanja Cepat di Supermarket Saat Pandemi

Kompas.com - 01/10/2020, 15:50 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com – Di sekitar kita masih banyak orang-orang yang diketahui terinfeksi Covid-19 tapi tanpa menunjukkan gejala apapun. Padahal, beberapa dari kita juga masih memiliki kebutuhan untuk pergi ke luar, misalnya berbelanja ke supermarket.

Maka, kita perlu menjaga kebersihan dan kesehatan dengan sebaik mungkin untuk mengurangi potensi tertular virus yang telah menyebabkan kematian lebih dari 10.000 orang di Indonesia ini.

Berikut tips aman yang dapat dilakukan saat hendak pergi berbelanja ke supermarket di tengah situasi pandemi Covid-19.

1. Membatasi orang yang berbelanja
Sebelum pandemi, belanja bulanan ke supermarket menjadi agenda untuk keluarga pergi bersama-sama. Tetapi, dengan munculnya virus ini, kita mengubah cara berbelanja dengan membatasi jumlah orang yang pergi.

Melakukan pembatasan ini artinya kita bisa menghindari potensi terpapar oleh virus. Hal ini juga membantu dalam menjaga orang yang berisiko tinggi tetap di rumah dan jauh dari bahaya.

Baca juga: BPS: Penerapan Protokol Kesehatan di Pasar dan Tempat Ibadah Perlu Dipertegas

2. Mengurangi jumlah pergerakan saat berbelanja
Mengurangi jumlah pergerakan juga merupakan kunci untuk membatasi potensi paparan virus. Membuat daftar belanja sebelumnya dapat mempersingkat perjalanan tersebut sehingga kita dapat masuk dan keluar dengan cepat.

3. Menghindari jam-jam sibuk
Pilih waktu berbelanja di mana orang-orang tidak sibuk berbelanja. Pakar penyakit menular, Frank Esper, MD menganjurkan, agar orang-orang pergi berbelanja lebih awal atau lambat untuk menghindari waktu sibuk itu.

Ia menambahkan, dengan memilih waktu yang sepi saat berbelanja, kita juga sudah menjaga jarak.

“Hal utama adalah menjaga jarak yang aman dari orang lain, untuk menghindari kontak dan mencoba saling memberi banyak ruang di lorong,” imbuhnya.

Baca juga: Cara Jitu Kaesang Nge-Prank Penipu Online dan Tips Berbelanja Aman

4. Pakai masker dan hindari menyentuh permukaan barang
Memakai masker merupakan hal wajib dan penting untuk melindungi kita, serta orang-orang di sekitar. Selain itu, menggunakan masker juga mencegah kita menyentuh wajah.

Bicara soal menyentuh, kita pastinya terbiasa mengambil barang dari rak hanya sekadar untuk memeriksanya. Cobalah batasi hal ini kecuali kita memang ingin membeli produk tersebut. Meski itu bukanlah cara utama penularan, tapi masih mungkin terjadi.

5. Belanja di supermarket online atau delivery
Pilihan paling aman adalah dengan belanja online atau delivery. Sebab, kita tidak perlu melakukan kontak dengan banyak orang.

Walaupun, kadang dengan metode ini kita kesulitan memilih produk pengganti jika toko tidak menyediakan produk yang dicari atau bahkan berubah pikiran tentang apa yang kita inginkan.

Namun, banyak opsi belanja online yang memungkinkan pemilihan substitusi. Cara berbelanja seperti ini adalah cara teraman, sangat membatasi paparan kita kepada siapapun yang mungkin membawa virus.

Baca juga: Stok Makanan Menumpuk? Yuk, Mulai Atur Kulkas



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X