Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Baju Lebaran di Pasar Tanah Abang, Simak 5 Tips Ini

Kompas.com - 07/04/2024, 15:08 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang Lebaran, Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat kembali ramai dipadati oleh masyarakat yang hendak berburu baju dan kebutuhan Lebaran.

Menurut pantauan Kompas.com saat menyambangi lokasi, pada Kamis (4/4/2024), terlihat orang-orang sedang berbelanja perlengkapan Lebaran, terutama baju gamis.

Baca juga:

Tapi karena pasar ini sangat luas dan juga berada di kawasan yang padat, maka ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum datang berbelanja apalagi jika kamu baru pertama kali.

Tips belanja baju Lebaran di Pasar Tanah Abang

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke Pasar Tanah Abang, Kompas.com pun merangkum beberapa tips berikut ini.

1. Datang lebih pagi

Area Blok A dan Blok B Pasar Tanah Abang menjadi tempat untuk bebruru baju Lebaran yang buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00.

Meski begitu, jika kamu ingin berbelanja, datanglah lebih pagi karena kondisi dalam pasar belum begitu ramai pengunjung.

Baca juga: Alasan Warga Malaysia Beli Baju Lebaran di Pasar Tanah Abang, Trendi dan Murah

Selain itu, datang lebih pagi juga memungkinkan kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mengitari pasar dan menemukan baju serta kebutuhan Lebaran lainnya yang lebih murah dan berkualitas baik.

2. Bawa uang tunai secukupnya

Ada beberapa pedagang yang sudah menyediakan alat pembayaran digital sehingga kita tidak perlu menggunakan uang tunai (cash).

Kendati demikian, kita juga perlu berjaga-jaga dengan membawa uang tunai secukupnya karena sebagian toko hanya melayani pembayaran dengan uang tunai.

Baca juga: Jelang Lebaran, Gamis Bermotif Paling Dicari di Pasar Tanah Abang

3. Perbanyak riset

Salah satu keuntungan datang di pagi hari adalah kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mencari tahu lebih banyak atau riset baju yang akan kamu beli.

Saat tiba di depan pintu Blok B Pasar Tanah Abang, kamu sudah disajikan dengan pemandangan para pedagang yang berjualan aneka baju Lebaran, tapi usahakan untuk tidak langsung membelinya.

Suasana toko-toko baju muslim di lantai 5 Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2024).KOMPAS.com/RYAN SARA PRATIWI Suasana toko-toko baju muslim di lantai 5 Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2024).

Kamu bisa berkeliling terlebih dulu untuk melihat banyak toko dan koleksinya.

Jika belum ingin membeli, kamu juga bisa meminta nomor pedagang dan katalog koleksi yang mereka miliki.

Baca juga: 7 Rekomendasi Model Gamis Lebaran yang Elegan

4. Jangan ragu menawar

Tawar menawar merupakan kunci untuk mendapatkan harga yang lebih murah saat berbelanja baju Lebaran di Blok B Pasar Tanah Abang.

Selain itu, beberapa pedagang pun juga menerapkan potongan harga atau diskon bagi pengunjung yang membeli banyak barang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com