Kompas.com - 02/10/2020, 09:07 WIB
Penjualan daster dan masker batik melonjak tajam di Tokopedia. Dok TokopediaPenjualan daster dan masker batik melonjak tajam di Tokopedia.

KOMPAS.com – Menghabiskan sebagian besar aktivitas di rumah saja selama pandemi membuat masyarakat lebih memilih berbelanja baju rumah. Menjelang Hari Batik, ternyata baju tidur batik dan juga masker, mencatat penjualan signifikan.

Fenomena itu setidaknya terlihat dari angka penjualan di marketplace Tokopedia. Daster atau baju tidur batik mengalami peningkatan penjualan lebih dari 3,5 kali lipat jika dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Sementara itu, penjualan masker batik melonjak signifikan hingga 20 kali lipat.

“Terlihat dari produk batik paling laris di Tokopedia, yaitu masker dan daster tidur bermotif batik. Data itu menggambarkan kebutuhan masyarakat yang sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk menghindari penularan Covid-19,” kata External Communication Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Pandemi dapat menjadi momentum bagi penggiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM untuk menciptakan peluang dengan berinovasi.

Ekhel emngatakan, saat ini sudah ada lebih dari 9 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100 persen UMKM.

“Keberadaan UMKM, terutama yang bergerak di industri batik, sangat penting diupayakan oleh semua pihak. Mari bersama mendukung keberlangsungan industri batik,” katanya.

Baca juga: Menengok Kondisi Pembatik di Kala Pandemi Jelang Hari Batik Nasional

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.