Apakah Masker Juga Lindungi Kita dari Polusi Udara?

Kompas.com - 12/10/2020, 12:26 WIB
Ilustrasi polusi udara nicoletaionescuIlustrasi polusi udara

KOMPAS.com - Masker kini menjadi benda yang wajib dipakai saat beraktivitas di luar rumah guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

Tapi sebenarnya, pemakaian masker juga memberi manfaat kesehatan lain seperti mencegah flu.

Selain itu, profesor ilmu kesehatan lingkungan di University of Massachusetts Amherst Richard Peltier menemukan pemakaian masker bisa melindungi tubuh dari paparan polusi udara.

Menurut American Lung Association, paparan polusi udara dapat meningkatkan risiko masalah pernapasan seperti asma, berat lahir rendah, kanker paru-paru, penyakit kardiovaskular, dan kematian dini.

Masker N95 dikatakan dapat memberikan perlindungan dari asap knalpot kendaraan dan asap pabrik. Pasalnya, masker tersebut mampu menyaring partikel terkecil.

Baca juga: Ternyata, Masker Sutra Lebih Baik Dibanding Masker Katun

Sedangkan walau masker bedah maupun masker kain tidak bisa memberikan perlindungan seperti masker N95, tapi pemakaian masker tersebut jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Peltier pada 2016, ditemukan fakta masker bedah dan masker kain bisa menyaring partikel sebanyak 15-30 persen.

"Memang saat kita memakai masker bedah atau masker kain ada celah kecil di sekitar wajah. Ketika kita menarik napas dalam-dalam, partikel atau polutan udara bisa masuk lewat celah tersebut," kata Peltier seperti dikutip Men's Health.

Dirinya menambahkan, untuk melindungi tubuh dari paparan polusi udara, pemakaian masker bedah sebenarnya lebih baik jika dibandingkan masker kain. Sebab serat masker bedah jauh lebih kecil dan rapat.

Peltier juga menyayangkan adanya orang-orang yang memilih untuk tidak pakai masker karena lebih percaya konspirasi bahwa pemakaian masker bisa mengakibatkan keracunan karbon dioksida.

"Hal itu sama sekali tidak benar. Dokter bedah saja yang melakukan operasi selama delapan jam dengan memakai masker tidak merasakan efek sakit apapun," katanya.

"Apabila kita memakai masker untuk ke luar rumah, kita pun akan baik-baik saja," imbuh Peltier.

Baca juga: Kenali, Masker yang Efektif Tangkal Polusi Udara



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X