Anak Lalai Kerjakan Tugas Sekolah Daring, Orangtua Harus Apa?

Kompas.com - 22/10/2020, 19:10 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang belum usai membuat sejumlah sekolah masih menjalankan proses pembelajaran secara daring.

Meskipun sudah berjalan beberapa bulan, nyatanya masih ada masalah yang sering ditemui dalam proses pembelajaran jarak jauh. Entah itu dari pihak sekolah, siswa, maupun orangtua.

Orangtua sering kali merasa stres ketika mendampingi anak belajar di rumah. Belum lagi jika anak terlambat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Ada anak yang walau sudah diberi nasihat tetap lalai mengerjakan tugas. Hal ini biasanya memancing emosi orangtua dan membuatnya tambah stres.

Tapi orangtua perlu ingat, proses pembelajaran jarak jauh juga bisa membuat anak merasa stres. Imbasnya mungkin saja anak jadi lalai mengerjakan tugas.

Baca juga: Orangtua Perlu Tahu, 4 Tips Ajari Anak Saat Belajar Online

Psikolog dari Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima mengungkapkan, ada banyak hal yang membuat anak lalai mengerjakan tugas.

Mulai dari merasa bosan dengan materi pelajaran, sedang lelah, atau mungkin tidak senang dengan cara guru menyampaikan pelajaran.

Saskhya mengingatkan, stres karena belajar dari rumah tidak bisa dihindari oleh anak maupun orangtua. Oleh karenanya, cara yang bisa dilakukan adalah mengajak anak bermain atau mengobrol.

"Kalau ngobrol jangan cuma tanya tugas anak sudah selesai atau belum. Jangan-jangan dia enggak mau mengerjakan tugas karena ditanyain mulu."

Demikian ucap Saskhya dalam acara virtual 'BincangShopee: 11.11 Big Sale: Ciptakan Kebahagiaan Akhir Tahun dari Rumah', Kamis (22/10/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X