Orangtua Perlu Tahu, Rasa Bosan Pada Anak Tak Selalu Buruk

Kompas.com - 22/10/2020, 20:20 WIB
Ilustrasi orangtua mendampingi anak sekolah dari rumah. Ketut SubiyantoIlustrasi orangtua mendampingi anak sekolah dari rumah.

KOMPAS.com - Hingga kini banyak orangtua yang belum mengizinkan anaknya bermain di luar rumah karena pandemi Covid-19 tak kunjung usai.

Orangtua merasa khawatir anaknya bisa tertular penyakit. Oleh karenanya, mereka berusaha mencari kegiatan yang membuat anak merasa betah di rumah.

Akan tetapi, tak jarang orangtua kehabisan ide untuk bermain atau melakukan suatu kegiatan dengan anak. Menurut psikolog Saskhya Aulia Prima, hal itu wajar.

Hal ini dikarenakan sebagian besar orangtua menghabiskan waktu 24/7 bersama anak. Selain itu, saat berada di rumah, perasaan jenuh, bosan, dan cemas kerap melanda.

Belum lagi bila sudah mencoba mencari berbagai kegiatan, namun anak tetap merasa bosan dan rewel sehingga membuat orangtua merasa bingung.

Terkait hal ini, Saskhya mengungkapkan beberapa trik yang bisa dilakukan orangtua untuk menyiasati kebingungan karena kehabisan ide.

"Paling penting harus belajar ikhlas dan mengatur ekspektasi karena sekarang ini memang lagi sulit," ujar Saskhya dalam acara virtual Bincang Shopee, Kamis (22/10/2020).

Selain itu, orangtua harus mengubah pola pikir bahwa rasa bosan tidak sepenuhnya buruk bagi anak. Malah hal itu bisa menjadi cara untuk mengembangkan kreativitas anak.

Baca juga: Rasa Bosan Tak Selalu Buruk, Malah Bermanfaat, Percaya?

Saat bosan otak anak tidak berhenti terstimulasi. Hal itu malah bisa membuat anak menjadi kreatif dan melatih skill untuk masa depannya.

"Ketika sekarang anak belajar mengatasi kebosanan, nanti dia akan ketemu hal-hal untuk dirinya sendiri. Jadi biarkan anak berkreasi dengan apapun di rumah," kata Saskhya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X