4 Cara Pakai Medsos supaya Terhindar dari Depresi, Coba Yuk...

Kompas.com - 31/10/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi media sosial Facebook. SHUTTERSTOCKIlustrasi media sosial Facebook.

KOMPAS.com - Membuka media sosial sepertinya sudah menjadi rutinitas bagi semua orang yang menggunakan gadget dan internet.

Tidak dipungkiri, banyak hal yang berkaitan dengan pekerjaan juga membutuhkan peran dari media sosial, untuk bisa memberikan informasi.

Mengutip laman Insider, disebutkan ada sekitar 3,6 miliar pengguna di seluruh dunia dan jumlah itu diproyeksikan akan meningkat menjadi hampir 4,5 miliar pada tahun 2025.

Baca juga: Yuk, Pakai Medsos Jadi Alat untuk Bertahan di Tengah Pendemi

Ironisnya, beberapa penelitian mulai menunjukkan, media sosial dapat berkontribusi pada gejala depresi, terutama di antara populasi anak muda.

Penyebabnya pun beragam. Ada yang karena merasa terisolasi, sering mencari kabar buruk di media sosial, kurang tidur, mengalami perundungan, dan kerap membandingkan diri dengan orang lain.

Untuk itu, berikut ini adalah empat cara mengubah kebiasaan bermain media sosial yang menimbulkan depresi.

1. Matikan notifikasi

Coba matikan notifikasi untuk semua aplikasi, termasuk email dan percakapan di aplikasi chat. Tanpa pemberitahuan ini kita mungkin dapat membatasi banyak waktu bermain media sosial.

2. Tetapkan batas waktu

Menetapkan batas waktu menggunakan media sosial akan memunculkan peringatan ketika kita telah melewati waktu yang ditentukan.

Mengikuti batasan ini dapat membantu kita mengurangi waktu di layar.

Baca juga: Digital Detox alias Puasa Medsos, Bagaimana Caranya?

3. Bersikap selektif

Alih-alih terhubung dengan semua orang di media sosial, kita sebaiknya berfokus pada beberapa hubungan yang kuat di kehidupan nyata.

Kemudian, atur waktu untuk berinteraksi dengan teman-teman secara langsung, di luar media sosial.

4. Gunakan dengan bijaksana

Carilah platform dan interaksi yang positif, seperti aplikasi meditasi atau yang bisa digunakan untuk ngobrol secara virtual.

Hindari mengikuti orang-orang di media sosial yang membuat kita tidak nyaman dengan diri kita sendiri (insecure), sehingga berdampak negatif pada pikiran.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X