5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Ketika Latihan Beban di Rumah

Kompas.com - 31/10/2020, 09:30 WIB
Ilustrasi latihan beban ShutterstockIlustrasi latihan beban

KOMPAS.com - Latihan angkat beban adalah salah satu bentuk latihan penting yang juga bisa dilakukan di rumah.

Menurut pelatih kebugaran tersertifikasi sekaligus pendiri Smalletics, April Whitney, latihan beban dapat membantu membangun otot, yang selain dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh juga bisa mendukung upaya penurunan lemak tubuh atau penurunan berat badan.

" Latihan beban juga meningkatkan kepadatan tulang yang penting bagi perempuan, terutama yang berisiko tinggi terkena osteoporosis seiring bertambahnya usia," ungkapnya, seperti dilansir CNET.

Di samping itu, latihan beban juga menawarkan banyak manfaat lainnya, seperti memperbaiki postur tubuh, fleksibilitas, mobilitas dan tidur, serta membantu mengurangi stres dan meningkatkan energi.

Latihan beban tak melulu membutuhkan mesin canggih di pusat kebugaran, tetapi juga bisa dilakukan di rumah dengan sepasang dumbbell atau resistance band, yang dikombinasikan dengan latihan beban tubuh.

Bagi sebagian orang, memasuki ruang angkat beban di pusat kebugaran cukup mengintimidasi, pada akhirnya membuat para pemula berhenti atau menghindari memulainya.

Dengan berlatih di rumah, faktor itu bisa diminimalisasi.

"Melakukan rutinitas di rumah juga nyaman dan kita bisa menyesuaikannya dengan jadwal sendiri," kata Whitney.

Sayangnya, ada beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan orang-orang ketika melakukan latihan angkat beban di rumah.

Beberapa kesalahan tersebut antara lain:

Halaman:


Sumber CNET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X