Kompas.com - 13/11/2020, 08:38 WIB

KOMPAS.com- Pandemi mengajarkan banyak orang untuk mengatur uang secara bijak agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih sebagian orang pendapatannya berkurang, bahkan hilang.

Itu sebabnya penting bagi orangtua untuk mengajari anak tentang pengelolaan uang sedini mungkin. Anak yang terbiasa melakukan perencanaan keuangan dapat terhindar dari kesalahan finansial di masa depan. 

Orangtua sudah bisa mengajari anak kebiasaan mengatur uang sejak anak berusia 7 tahun.

Berikut beberapa tip praktis untuk membuat anak memiliki kebiasaan mengatur uang yang baik.

1. Buka rekening tabungan

Menurut Abhinav Angirish, Founder and Managing Director Investonline, ada baiknya orangtua membukakan rekening tabungan untuk anak sejak usia dini.

“Ini mengajarkan anak untuk membaca dan menganalisis rekening koran berdasarkan saldo yang mereka miliki," kata Angirish.

Hal ini juga membantu anak belajar tentang konsep tabungan dan bunga.  Lewat laporan saldo, anak bisa menetapkan aturan kapan harus membelanjakan uang di tabungan dan kapan menabung harus dilakukan.

Baca juga: Sandra Dewi Ajarkan Anak Menabung hingga Persiapan Berkeluarga

2. Ajari konsep penetapan tujuan

Orangtua juga bisa membantu anak menyadari konsep penetapan tujuan. Caranya, orangtua mendorong anak untuk menabung secara rutin berapa pun jumlahnya agar bisa membeli barang yang diinginkan.

Halaman:
Sumber CNBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.