Semangat Berkarya Lima Desainer Muda di Panggung JFW 2021

Kompas.com - 20/11/2020, 18:29 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Pandemi yang belum selesai memukul industri fesyen cukup keras. Selain penurunan permintaan pasar, kebijakan pembatasan sosial, dan penutupan pusat perbelanjaan, membuat pelaku industri mode harus bersiasat untuk tetap bertahan.

Jeli melihat kebutuhan pasar, adaptasi dan inovasi merupakan kata kunci yang membuat para desainer dapat bangkit.

Merek fesyen asal Bandung, SSST (Super Sentimental Secret Theory) misalnya, memilih berkolaborasi dalam menciptakan karya desainnya. Merek street wear ini selalu membawa pesan kebersamaan dalam setiap koleksinya.

Jatuh bangun bisnis juga dialami oleh 3Mongkis yang menyediakan busana kasual atau pun edgy. Sempat membuka toko offline di mal Plaza Indonesia pada Februari 2020, toko itu hanya bertahan sebulan karena harus ditutup selama PSBB.

Pendiri 3Mongkis, Hetty Awi tidak lantas menyerah. Mereka mencari strategi untuk memasarkan karyanya, termasuk melakukan penjualan daring lewat e-commerce sampai memanfaatkan fitur Instagram Live untuk melakukan live shopping.

“Kami juga berkolaborasi dengn figure-figur terkenal dan inspiratif. Hal ini didasari semangat untuk berkreasi dalam menciptakan fesyen lokal yang lebih baik dan beragam,” kata Hetty.

Baca juga: Fesyen Berkelanjutan dalam Rancangan Tiga Desainer untuk JFW 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 3MONGKIS (@3mongkis)

Karya-karya para insan kreatif itu dapat disaksikan dalam pagelaran mode terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week 2021 yang berlangsung pada 26-29 November 2020 secara virtual.

Dalam JFW 2021 tersebut Lazada Indonesia menghadirkan The Show of Hearts, pagelaran fesyen yang mengapresiasi perjuangan desainer di masa pandemi ini. Lima desainer muda akan tampil dalam acara tersebut, yakni 3Mongkis, SSST, HAM! Jeansku, Nadjani, dan Warning Clothing.

Sederet nama desainer tersebut akan tampil pada fashion show virtual tanggal 27 dan 28 November 2020 di kanal Style Space atau laman khusus JFW 2021.

Masing-masing label akan menampilkan koleksi busana pria, mulai dari desain streetwear yang menjadi ciri khas SSST, berbagai denim modis dari HAM! Jeansku, juga koleksi basic namun timeless ala Warning Clothing.

Sementara itu untuk kamu yang sedang mencari busana wanita model kasual, edgy, dan fashionable, saksikan pagelaran dari 3Mongkis. Sedangkan koleksi busana muslim yang modis dengan warna-warna ciamik akan dihadirkan oleh Nadjani.

Koleksi para desainer ini juga dapat dibeli oleh konsumen secara langsung selama pagelaran busana berlangsung lewat fitur See Now Buy Now dari Lazada.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Warning Clothing™ (@warningclothing)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X