Kompas.com - 05/12/2020, 10:11 WIB
Ilustrasi madu di dalam mangkuk. PEXELS/PIXABAYIlustrasi madu di dalam mangkuk.

KOMPAS.com— Madu termasuk bahan berkhasiat yang sudah dipakai turun menurun, mulai dari menambah kekuatan, merawat kulit, hingga dipercaya menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk batuk.

Berkaitan dengan batuk, ada banyak cara yang dipercaya efektif meredakan batuk, mulai dari dicampur dengan perasan jeruk nipis atau pun diminum langsung.

Madu memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan antioksidan bawaan. Mengapa hal ini penting untuk meredakan batuk atau meredakan sakit tenggorokan yang terasa seperti terbakar?

Karena batuk dapat membuat radang pada tenggorokan (sehingg dibutuhkan anti-inflamasi), dan masalah pernapasan tertentu seperti batuk rejan yang disebabkan oleh bakteri.

Untuk mengatasi ini, antioksidan adalah kuncinya. Antioksidan akan membentuk sistem kekebalan yang kuat, yang merupakan komponen penting untuk tetap sehat atau pulih dari penyakit.

Baca juga: Mengenal Madu Manuka, Adakah Efek Sampingnya?

“Tidak heran jika banyak orang mengandalkan ini untuk membantu tubuh kekebalan mereka selama musim dingin dan flu,” kata Elizabeth Shaw, M.S., R.D.N., ahli gizi ahli diet terdaftar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu tinjauan studi menemukan bahwa madu lebih baik dalam meredakan batuk pada anak-anak dibandingkan dengan obat plasebo dalam penelitian, diphenhydramine (antihistamin yang biasa digunakan untuk mengobati gejala alergi seperti batuk), atau tanpa pengobatan sama sekali.

Penelitian menunjukkan bahwa madu Manuka, varietas yang diproduksi di Selandia Baru, termasuk madu yang sangat kuat, kemungkinan besar karena memiliki aktivitas antibakteri yang lebih tinggi.

Berapa banyak madu?

Mencampur satu sendok madu ke dalam secangkir teh panas memang tidak salah, tetapi ada banyak cara lain untuk memanfaatkan kekuatan madu.

Halaman:


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.