Kompas.com - 18/12/2020, 09:58 WIB
Ilustrasi vaksin, vaksin corona, vaksin covid-19, vaksin virus corona sin corona Shutterstock/Delook CreativeIlustrasi vaksin, vaksin corona, vaksin covid-19, vaksin virus corona sin corona

KOMPAS.com - Dimulainya program vaksinasi Covid-19 di berbagai negara menumbuhkan harapan bahwa pandemi ini akhirnya akan berakhir.

Namun, sejumlah orang masih khawatir dengan kemanjuran vaksin ini mencegah infeksi Covid-19. Apalagi sejumlah vaksin masih dalam tahap uji klinis tahap akhir.

Timbul pertanyaan mengenai masa depan dunia pasca vaksin diberikan. Apakah orang yang sudah mendapat vaksin bisa menularkan virus corona kepada orang lain?

CEO Pfizer Albert Bourla menjelaskan hal itu dalam program "Dateline NBC". Pfizer adalah salah satu yang memproduksi vaksin, yang diklaim efektif memberi perlindungan terhadap virus corona lebih dari 90 persen.

Menurut Bourla, perusahaan tidak mengetahui apakah orang yang sudah mendapat vaksin masih bisa terpapar virus dan menyebarkannya ke orang lain.

Di program Dateline NBC tersebut, Bourla bersama dua CEO dari perusahaan lain yang juga mengerjakan vaksin, Moderna dan Johnson & Johnson, menjelaskan mekanisme pendistribusian vaksin kepada orang-orang di seluruh dunia.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Vaksin?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pandangan terkait kemungkinan penularan virus usai seseorang divaksin diungkap direktur Bryant University's new Center for Health and Behavioral Sciences, Kirsten Hokeness, PhD.

"Ada risiko teoretis bahwa Anda dapat menularkan virus kepada orang lain meski sudah divaksinasi," katanya.

"Tujuan dari vaksin ini adalah menciptakan memori imunologi dalam tubuh, sehingga ketika Anda menghadapi virus di masa depan, sistem kekebalan dengan cepat meningkat dan menyerang virus sebelum Anda jatuh sakit."

Hokeness menambahkan, selama vaksin menawarkan respon imunologis yang kuat, kemungkinan virus akan berhenti berkembang biak dalam sistem tubuh dengan cepat.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.