Bisakah Ruam Kulit pada Pasien Covid-19 Disembuhkan?

Kompas.com - 25/12/2020, 13:30 WIB
Ilustrasi ruam pada kulit SHUTTERSTOCK/PUMATOKOHIlustrasi ruam pada kulit

KOMPAS.com - Aktris dan penyanyi dangdut Dewi Perssik membagikan kisahnya tentang skin rash atau ruam kulit yang dialami setelah terinfeksi Covid-19.

Ruam tersebut terlihat muncul di wajah dan area lehernya.

Ruam pada kulit merupakan salah satu gejala yang muncul pada beberapa pasien Covid-19.

Meski fakta ini sudah diketahui oleh sebagian masyarakat, namun masih banyak yang mempertanyakan: apakah kondisi ini bisa disembuhkan?

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Emil R. Fadly, SpKK, FINSDV, FAADV, ruam kulit akibat Covid-19 bisa disembuhkan.

Menurutnya, ruam tersebut umumnya bersifat tidak permanen.

"Ruam karena superfisial atau permukaan kulit biasanya tidak permanen, bisa pulih seperti biasa," jelas dr Emil kepada Kompas.com melalui pesan singkat WhatsApp.

"Ini seperti kasus campak atau tampek."

Baca juga: Belajar dari Dewi Perssik, Kenali Gejala Ruam Kulit Akibat Covid-19

Mengenai masa pemulihan kulit, Emil memperkirakan diperlukan dua hingga tiga minggu, dengan catatan kulit tidak terinfeksi oleh bakteri.

Saat proses pemulihan, dianjurkan untuk menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X