Kompas.com - 11/01/2021, 07:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Bagi orang-orang introvert atau berkepribadian tertutup, mencari teman adalah hal sulit. Terlebih saat bertemu orang baru, mereka biasanya malu untuk memulai pembicaraan lebih dulu.

Namun, tak bisa selamanya orang introvert berdiam diri. Ada kalanya mereka harus menjalin pertemanan yang lebih luas lagi karena alasan tertentu.

Berikut beberapa tips untuk orang-orang introvert agar bisa menghalau rasa malu guna mencari teman.

1. Cari tahu alasan

Memiliki sifat introvert bukan berarti harus malu mencari teman. Faktanya, orang introvert cenderung membentuk hubungan pertemanan yang lebih kuat.

Sebelum mencari teman, tanyakan pada diri sendiri tujuan melakukannya.  Apakah pencarian teman memang benar diperlukan atau sebenarnya hanya sekadar ingin terlihat punya teman.

Jika memang butuh, maka bukan hal yang sulit untuk menemukan teman baru. Carilah seseorang yang memang benar-benar dibutuhkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun apabila alasannya hanya karena ingin terlihat punya banyak teman padahal nyaman dengan jumlah teman yang sedikit, maka jangan dipaksakan.

Baca juga: 8 Tanda Orang yang Introvert

2. Fokus pada kualitas

Seperti yang dikatakan sebelumnya, tak masalah bagi seorang introvert hanya memiliki sedikit teman. Sebab hubungan berkualitas memberikan manfaat paling banyak.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.