Selain Bunga, Ini 7 Aroma yang Membuat Bahagia

Kompas.com - 13/01/2021, 11:18 WIB
Ilustrasi hutan pinus. SHUTTERSTOCKIlustrasi hutan pinus.

KOMPAS.com - Ternyata banyak hal sederhana yang bisa membuat kita bahagia. Salah satunya dengan mencium aroma tertentu.

Bahkan, karena manfaatnya dapat menurunkan tingkat stres, beberapa aroma bisa dijadikan sebagai perawatan alami untuk menjaga kesehatan mental.

Nah, untuk mengetahuinya, mari simak delapan aroma yang membuat kita lebih bahagia, seperti yang dilansir dari The Healthy berikut ini.

1. Pinus

Penelitian menemukan, bahwa aroma yang membawa kegembiraan ini dapat mengurangi stres. Hal tersebut juga dibuktikan pada sebuah studi di Kyoto University, Jepang.

Di mana, orang-orang yang suka melakukan terapi forest bathing atau berjalan-jalan di hutan pinus dapat mengurangi depresi dan kecemasannya secara signifikan.

Oleh sebab itu, jangan lewatkan cara ini dengan berjalan-jalan di alam sebagai obat untuk otak kita.

Baca juga: Jalan-jalan ke Alam Terbuka Ampuh Hilangkan Stres

2. Jeruk

Aroma buah yang mengandung vitamin C ini telah terbukti meningkatkan energi dan kewaspadaan.

Penelitian telah mengungkapkan, bahwa aroma jeruk lemon, khususnya, dapat mengurangi stres dan meninggalkan kesan positif pada orang lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X