Kompas.com - 25/09/2020, 12:49 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sejumlah orang masih mengabaikan pemakaian tabir surya. Padahal, Indonesia merupakan negara tropis yang mendapatkan paparan sinar matahari melimpah sepanjang tahun.

Menurut BMKG, Indeks UV di Indonesia berada di atas angka 11, yang artinya memiliki risiko bahaya sangat ekstrem.

Indeks UV merupakan standar global untuk menjelaskan tingkat paparan radiasi sinar matahari menggunakan nilai 1 - 11+.

Anessa Perfect UV Suncreen Skincare.Dok Anessa Anessa Perfect UV Suncreen Skincare.
Dengan paparan sinar ultraviolet yang sangat tinggi, kita pun jadi rentan mengalami gangguan kulit akibat paparan sinar matahari.

“Sekitar 80 persen penunaan dini, seperti vlek hitam, keriput, atau pun warna kulit tidak merata, disebabkan karena sinar ultraviolet,” kata dr.Arini Astari Widodo, Sp.KK dalam acara peluncuran Anessa Perfect UV Suncreen Skincare secara virtual (23/9/2020).

Efek terparah dari paparan sinar matahari berlebihan adalah kulit terbakar, kemerahan, hingga kanker kulit. Penelitian bahkan menunjukkan, 5 kali kulit terbakar (sunburn) akan menggandakan risiko terjadinya melanoma atau kanker kulit.

Itu sebabnya, menurut Arini penggunaan tabir surya (sunscreen) tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Baca juga: Memilih Tabir Surya Sesuai Kondisi Kulit

Sunscreen yang ideal untuk orang di negara tropis seperti Indonesia adalah memiliki perlindungan ganda terhadap sinar ultraviolet A dan ultraviolet B, serta terasa nyaman dan tak bikin lengket.

“Tipe kulit kebanyakan orang Indonesia adalah sawo matang, sehingga kalau pigmennya banyak maka risiko hiperpigmentasi atau vlek hitam juga tinggi,” katanya.

Selain itu, karena iklim kita panas dan lembab, kulit pun jadi gampang berjerawat dan merah-merah. Penggunaan tabir surya pun mudah luntur dan harus sering diulang. Ini berarti, kita butuh produk tabir surya yang tidak lengket dan tidak gampang luntur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X