Adakah Efek Samping Vaksin Covid-19 pada Tubuh

Kompas.com - 18/01/2021, 06:06 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (shutterstock). Kompas.COM/MUHAMMAD NAUFALIlustrasi Vaksin Covid-19 (shutterstock).
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pemberian vaksin Covid-19 menjadi metode yang dinilai positif untuk melindungi seseorang dari virus corona.

Vaksin dilakukan dengan cara menyuntikkan virus atau bakteri yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh orang yang sehat atau dinilai bisa menerima vaksin.

Dengan metode ini, sistem kekebalan tubuh akan membentuk antibodi untuk melawan infeksi.

Namun, dalam proses pemberian vaksin Covid-19, tetap ada beberapa efek samping. Hal ini diutarakan ahli penyakit paru Jafar Abunasser, MD, kepada Cleveland Clinic.

Menurut dia, salah satu efek samping yang umum terjadi adalah nyeri pada bagian lengan.

Akan tetapi, nyeri tersebut disebabkan oleh jarum suntik, bukan vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh. Nyeri akan hilang dalam waktu satu hari atau lebih.

Baca juga: Perlukah Persiapan saat Akan Menerima Vaksin Covid-19?

Abunasser menyatakan, beberapa orang yang disuntik vaksin Covid-19 pernah mengalami sakit kepala, kelelahan, nyeri otot, atau demam ringan.

"Meskipun gejala-gejala ini mengganggu, sebenarnya itu adalah kabar baik karena sistem kekebalan Anda bekerja. Itu tanda sistem kekebalan diaktifkan dan memproduksi antibodi," tutur Abunasser.

Centers for Disease Control and Prevention mencatat berbagai efek samping umum dari pemberian vaksin Covid-19, seperti:

- Rasa sakit di lengan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X