Kompas.com - 25/01/2021, 15:48 WIB
Ilustrasi rak penyimpanan di kamar mandi. SHUTTERSTOCK/New AfricaIlustrasi rak penyimpanan di kamar mandi.

KOMPAS.com - Sampah plastik yang berasal dari rumah tangga semakin mengkhawatirkan. Bukan hanya dari satu rumah, dalam skala lebih sempit, seperti kamar mandi, kita akan menemukan banyak sekali plastik yang dipakai.

Selain jumlah sampah yang dihasilkan, daur ulangnya pun masih sangat minim. Untuk itu kita dapat mulai mengubah gaya hidup dengan membatasi penggunaan plastik. Dari kamar mandi, apa saja kebiasaan yang bisa kita ubah demi mengurangi timbunan sampah plastik?

Begini caranya.

1. Mencari alternatif

"Sikat gigi berbahan bambu adalah penggantian pertama yang selalu saya sarankan," saran Beth Noy, founder toko online Plastic Freedom.

Alasan dia mendirikan toko itu karena kurangnya alternatif yang mudah dijangkau untuk barang-barang plastik sehari-hari.

Baca juga: Pastikan Tidak Melakukan Hal Ini Pada Sampah Plastik

Noy juga menyarankan untuk mengganti pisau cukur sekali pakai dengan safety razor berbahan baja atau menggunakan sabun dan sampo batangan daripada kemasan botol.

Dia menambahkan pentingnya beralih dari pembalut berbahan kapas ke pembalut yang bisa dipakai ulang dan mencari obat kumur berbentuk tablet.

Jen Chillingsworth, penulis "Live Green: 52 Steps for a More Sustainable Life" menyarankan penggunaan tas jaring untuk menempatkan sabun.

"Masukkan sabun batangan ke dalam tas jaring, basahi tas dan gunakan sebagai scrub pengelupas. Sisa sabun tertampung dan tidak ada yang terbuang," sebutnya.

Halaman:


Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X