Kompas.com - 05/02/2021, 22:45 WIB
Ilustrasi memakai skin care. Photo by Ekaterina Bolovtsova from PexelsIlustrasi memakai skin care.

KOMPAS.com - Rutin memakai produk perawatan dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan cerah. Selain itu, ada pula produk yang bisa mengatasi masalah kulit.

Dalam memilih produk perawatan kulit, mungkin beberapa orang masih ada yang merasa bingung. Apakah harus memakai produk yang dijual di pasaran atau dari dokter?

Mengenai hal ini, dr Ruri D. Pamela, SpKK memberikan jawabannya. Dia menjelaskan, produk perawatan kulit terbagi menjadi dua yaitu obat dan kosmetik.

Produk perawatan kosmetik adalah produk yang dijual di pasaran. Sedangkan produk perawatan obat berasal dari resep dokter.

"Skin care medication itu adalah obat dan hanya digunakan apabila kulit mengalami masalah, bukan untuk perawatan sehari-hari."

Demikian yang diungkap Ruri dalam Instagram Live Stylo Indonesia bersama id.derms, Jumat (5/2/2021).

Baca juga: Catat, Ini Urutan Pakai Skin Care agar Hasilnya Efektif

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk produk perawatan kulit kategori obat, penggunaannya hanya dalam jangka waktu tertentu hingga masalah kulit teratasi.

Ruri menegaskan, sama seperti obat oral, obat oles apabila digunakan terus-menerus bisa menimbulkan efek samping.

Sebab obat dapat mengubah fungsi jaringan tubuh, dalam hal ini kulit, jika digunakan berlebihan.

"Jadi kalau masalahnya hilang, perawatan kulitnya harus diganti dengan produk yang lebih ringan, yang banyak dijual di pasaran," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X