Kompas.com - 09/02/2021, 11:19 WIB
Pasangan suami istri pemilik Koyu Hijab, Reni Afriyanti dan Irvan Sofian. Dok KOYU HIJABPasangan suami istri pemilik Koyu Hijab, Reni Afriyanti dan Irvan Sofian.

KOMPAS.com - Suara alarm berdering keras. Jarum jam masih menunjukkan pukul 01.00 dini hari.

Namun, perlahan Reni bangun. Dia beranjak ke toilet, sebelum kemudian duduk di depan mesin jahit di salah satu ruangan berukuran 3x3 meter di rumahnya.

Pemilik nama lengkap Reni Afriyanti itu lalu mulai menjahit kerudung, bisnis barunya.

Sedangkan sang suami, Irvan Sofian, ikut menemani. Irvan biasanya bertugas sebagai operator yang memperbaiki jika ada kerusakan pada mesin.

Baca juga: Mengenal Jenis Bahan Hijab dan Cara Perawatannya

Sekitar pukul 03.00 dini hari, Reni dan Irvan mulai mengemas produk kerudung yang dihasilkan, dan sejam kemudian beranjak ke gerai ekspedisi untuk mengirimkannya.

Sesampainya kembali di rumah, mereka beristirahat sebentar, sebelum kemudian pergi ke kantor masing-masing pada sekitar pukul 06.00, dan kembali ke rumah di sore hari. 

“Itu perjuangan kami di awal kami membangun Koyu Hijab tahun 2014. Seolah tidak ada rasa capek, kami tidur hanya 4-5 jam tiap hari,” ujar Reni saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/2/2021).

Saat itu, Reni dan Irvan sama-sama masih bekerja, sehingga harus membagi waktu dengan usaha sampingan mereka itu. Sekitar dua tahunan mereka menjalankan kehidupan seperti itu.

Modal Rp 500.000

“Kami sudah terbiasa berbisnis. Bisnis Koyu Hijab ini pun muncul begitu saja dengan modal Rp 500.000,” tutur perempuan kelahiran Bandung, 14 April 1988 ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X