Kompas.com - 15/02/2021, 10:51 WIB
Ilustrasi kehamilan ShutterstockIlustrasi kehamilan

KOMPAS.com - Untuk mengetahui apakah seorang wanita hamil, bisa dilihat dengan menjalani tes kehamilan atau dengan memerhatikan tanda-tanda lain seperti perubahan fisik dan berhentinya menstruasi.

Terkadang, tanda kehamilan pada seorang wanita tidak terlihat jelas. Seperti kasus yang terjadi pada wanita asal Cianjur, Jawa Barat, belum lama ini.

Wanita bernama Siti Jainah itu disebutkan melewati masa kehamilan hanya satu jam dan langsung melahirkan. Yang mengejutkan lagi, Siti mengaku hamil tanpa berhubungan seks karena ia baru saja bercerai.

Dari informasi yang didapat, diketahui Siti tengah bermain dengan anak pertamanya. Di saat itulah, perut Siti merasa sakit dan setengah jam kemudian perutnya membuncit dan kembali mengempis.

Baca juga: Fakta Ibu di Cianjur Tak Sadar Hamil dan Melahirkan, Berawal Masuk Angin hingga Perubahan Tubuh

Jelas saja, kabar seperti ini langsung menjadi sorotan di medsos. Netizen pun heran mengapa fenomena tersebut bisa terjadi.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Pelaksana tugas Kepala Dinkes Cianjur Irvan Nur Fauzi mengatakan jika apa yang dialami Siti bukan hal baru, melainkan peristiwa langka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dalam dunia medis itu yang biasa disebut dengan cryptic pregnancy atau kehamilan samar," kata Irvan.

Dia menambahkan, seseorang yang mengalami kehamilan samar cenderung tidak menyadari dirinya sedang mengandung. Sebab, proses atau gejala kehamilan yang dirasakan sangat halus, sehingga tidak disadari tubuhnya.

Seorang ibu muda di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melahirkan setelah ia baru sadar hamil satu jam sebelumnyaFoto: Tribunnews Seorang ibu muda di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melahirkan setelah ia baru sadar hamil satu jam sebelumnya

Menurut Irvan, fenomena itu terjadi karena faktor fisik atau psikis, atau keduanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.