Kompas.com - 16/02/2021, 14:55 WIB
Ilustrasi kucing berguling-guling. PIXABAY/ALBRECHT FIETZIlustrasi kucing berguling-guling.

KOMPAS.com - Pada dasarnya, kucing adalah hewan peliharaan yang tak perlu dimandikan. Sebab, kucing selalu membersihkan dirinya sendiri.

Namun terkadang, ada pertimbangan khusus yang membuat kucing harus dimandikan.

Misalnya ketika kucing mengalami sesuatu yang tidak seharusnya, atau menderita penyakit/ infeksi yang tidak dapat dibersihkannya sendiri.

Baca juga: Apakah Kucing Perlu Mandi?

Saat kucing terkena infeksi jamur seperti kurap, kutu, atau sesuatu yang asing seperti oli motor atau produk pembersih di bulunya, maka tak ada pilihan selain memandikannya. 

Kucing tua dan kucing gemuk juga mungkin perlu mandi lebih sering dimandikan. Sebab, kucing-kucing dalam kategori ini mungkin tidak dapat merawat diri dengan benar dan lengkap.

Sehingga, mungkin perlu mandi sesekali untuk menjaga kesehatan bulu dan kulitnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oh iya, berbeda dari kucing kebanyakan, kucing yang mengalami radang sendi malah menyukai mandi, karena air hangat dan pijatan dengan sampo terasa enak di badannya.

Nah, jika memandikan kucing menjadi pilihan yang harus dilakukan, maka ada cara efektif yang bisa membuat proses tersebut berjalan dengan relatif lebih mudah.

Baca juga: Kucing Suka Dibelai-belai, tapi Jangan Sentuh Bagian Ini...

1. Membuat kucing santai

Biasanya,kucing akan gelisah saat kita merendamnya dalam air yang dangkal. Sehingga, hal utama dari proses ini, pertama-tama adalah bagaimana membuar kucing rileks dan tak stres.

Kira bisa mencoba membujuk kucing keluar dari kandangnya dengan camilan -misalnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X