Kompas.com - 19/02/2021, 09:16 WIB
Dress boots dari Fortuna Shoes. DOK FORTUNA SHOESDress boots dari Fortuna Shoes.

KOMPAS.com - Sepatu kulit pada umumnya punya harga di atas rata-rata.

Ada harga, ada kualitas. Untuk mendapatkan sepatu kulit dengan bahan kulit berkualitas tentunya kita perlu merelakan uang lebih banyak.

Nah, jika sudah mengeluarkan uang cukup besar untuk membeli sepatu kulit, tentunya kita ingin sepatu tersebut tahan lama.

Sayangnya, beberapa kebiasaan buruk dalam menggunakan sepatu kulit ternyata bisa bikin sepatu kita cepat rusak, lho.

Dede Chandra, pendiri merek sepatu kulit asal Bandung, Fortuna Shoes, menyebutkan beberapa kebiasaan yang perlu dihindari agar tidak cepat merusak sepatu kulitmu, di antaranya:

1. Memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran
Pilihlah sepatu dengan ukuran yang sesuai dengan kaki. Memilih ukuran yang tidak pas, bukan hanya tidak nyaman dan bisa merusak kaki, tetapi juga bisa merusak sepatu.

Baca juga: Fortuna Shoes, Sepatu Kulit Jahit Tangan Asal Bandung yang Mendunia

2. Menggunakan tidak sesuai peruntukkan
Jika kamu meminati sepatu kulit, ada baiknya untuk mengetahui material setiap bagian sepatu. Hal ini penting agar kamu membeli sepatu yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebab, menggunakan sepatu tidak sesuai dengan fungsinya juga bisa merusak sepatu.

"Contohnya, menggunakan sepatu ber-sol kulit ke tempat berlumpur, sementara sebenarnya ada pilihan sol untuk tempat berlumpur ataupun basah," ujar Dede kepada Kompas.com.

3. Tidak pakai shoe horn
Menggunakan sepatu tanpa menggunakan alat bantu atau shoe horn juga secara perlahan akan merusak bagian belakang sepatu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X