Kompas.com - 28/02/2021, 13:26 WIB

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, metode pengasuhan atau parenting berubah secara drastis. Selain harus bekerja dari rumah, orangtua juga dihadapkan dengan tantangan mengasuh anak.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog anak, remaja dan keluarga mengatakan, sejak pandemi melanda banyak orangtua mengeluhkan bagaimana cara mengasuh anak, khususnya masalah belajar.

"Ada keluhan dari orangtua berupa kecemasan dan depresi. Mereka bingung bagaimana mengatur kebutuhan anak yang berbeda-beda."

Begitu kata Vera dalam talkshow "Intuitive Parenting" yang menjadi bagian dari acara penutupan Cussons Bintang Kecil 9 Konser Eksplorasi, Minggu (28/2/2021) pagi.

Saat ini, masyarakat dapat memperoleh akses informasi lebih mudah berkat kecanggihan teknologi. Namun menurut Vera, kemajuan teknologi tersebut membawa dampak negatif bagi para orangtua.

Baca juga: Beda Gaya Parenting Otoriter vs Otoritatif, Mana Lebih Baik?

"Informasi tentang pengasuhan sekarang ini banyak banget. Di satu sisi orangtua terbantu, tapi di sisi lain banyaknya informasi membuat orangtua cemas karena mereka bingung harus memilih yang mana untuk mengasuh anak," jelas dia.

"Orangtua juga waktunya terbatas karena masih harus bekerja di samping mengurus anak. Pressure-nya makin banyak."

Pengasuhan alternatif dengan intuitive parenting

Vera menganjurkan para orangtua untuk menggunakan pendekatan intuitive parenting dalam mengasuh anak. Sebenarnya, intuitive parenting itu apa sih?

"Intuitive parenting adalah pendekatan di mana pengasuhan orangtua lebih mengandalkan apa yang mereka pikirkan dan rasakan terhadap anak," tutur Vera.

Baca juga: Gaya Parenting agar Anak Tumbuh Bahagia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.