Kompas.com - 04/03/2021, 06:01 WIB
Ilustrasi pandemi Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi pandemi Covid-19

KOMPAS.com - Setahun sudah dunia dilanda pandemi Covid-19.

Berita terkait mutasi virus, meningkatnya angka kematian, dan cara menerapkan kebiasaan baru adalah hal yang "akrab" dengan kita sejak tahun 2020.

Pertanyaan mengenai "kapan kehidupan akan kembali mendekati 'normal' setelah pandemi?" juga terus terbayang di pikiran banyak orang.

Baca juga: Mutasi Virus Corona B.1.1.7, Bagaimana Efektivitas Vaksin?

Para ahli memperkirakan, masyarakat di seluruh dunia bisa menjalani kehidupan yang "agak normal" pada pertengahan tahun ini.

Pemberian vaksin juga gencar dilakukan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dengan adanya vaksin, kita setidaknya bisa berharap jika tahun ini akan sedikit lebih baik daripada tahun kemarin.

Namun, protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik masih tetap harus dijalankan hingga beberapa waktu ke depan.

Baca juga: Ada Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Usai Vaksin Covid-19, Jangan Panik

"Akan ada banyak hal seperti pertemuan kecil antara orang-orang yang divaksinasi, saya pikir itu menjadi sangat mungkin dilakukan."

Demikian disebutkan Ashish Jha, dekan di School of Public Health di Brown University. Providence, Rhode Island, Amerika Serikat.

Beberapa ahli di AS pun mengaku optimistis, dan melihat pertengahan tahun ini sebagai kesempatan bagi masyarakat untuk kembali bekerja di kantor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber Fatherly
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X