Kompas.com - 08/03/2021, 11:20 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

KOMPAS.com - Jika rambut sering disebut sebagai mahkota bagi para perempuan, berewok pada pria juga kerap dipercaya bisa menunjukkan identitas tertentu.

Kesan jantan, macho, dan bahkan dewasa serta berwibawa, dipercaya oleh tak sedikit lelaki, dapat diperoleh dengan menyuburkan bulu-bulu di wajah mereka. 

Meski sebenarnya -tentu saja, berewok tak bisa membantu seorang pria untuk menjadi benar-benar menjadi dewasa dan berwibawa, tanpa aspek lain dalam kepribadiannya.  

Baca juga: Jenggot, Tanda Fisik Lelaki yang Perkasa di Ranjang, Percaya?

Kendati demikian, toh banyak pria yang lantas menumbuhkan berewok dengan berbagai alasan tentu saja.

Sayangnya, untuk urusan bulu-bulu di wajah ini tak berlaku sama pada semua pria. Sama halnya dengan rambut, kesuburan janggut, kumis, dan cambang berbeda pada setiap lelaki.

Bahkan bagi beberapa pria, menumbuhkan janggut bisa menjadi perkara yang nyaris mustahil.

Lalu, banyak orang yang secara keliru percaya bahwa mencukur membuat bulu wajah tumbuh lebih lebat.

Pada kenyataannya, mencukur tidak memengaruhi akar rambut di bawah kulit, dan tidak memengaruhi cara bulu untuk tumbuh.

Baca juga: Tips Agar Janggut Tumbuh Lebih Lebat dan Keren

Kesalahpahaman umum lainnya adalah bahwa mereka yang memiliki janggut lebih tebal memiliki lebih banyak testosteron daripada mereka yang berjanggut lebih tipis.

Meskipun testosteron memang berperan dalam pertumbuhan rambut wajah, testosteron rendah jarang menjadi penyebab pertumbuhan rambut wajah yang jarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X