Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2021, 10:03 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa diterapkan untuk membantu melatih otak guna meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif. Contohnya, mempelajari bahasa asing, bermain catur, atau berolahraga.

Namun ada satu langkah mudah yang bisa membantu mengasah dan memperbaiki fungsi otak, yaitu membaca buku.

Menurut penelitian, otak bekerja lebih keras dan lebih baik dengan membaca. Perubahan yang terlihat dari membaca buku terjadi di area yang terkait dengan penerimaan bahasa, korteks temporal kiri.

Memproses materi tertulis, mulai dari huruf, kata-kata, hingga kalimat dan cerita akan menarik perhatian sel syaraf saat melihat semua informasi.

Baca juga: Membaca Buku di Luar Rumah Lebih Baik untuk Kesehatan, Kok Bisa?

Proses tersebut juga terjadi saat seseorang memproses bahasa lisan, namun membaca membuat otak bekerja lebih keras dan lebih baik.

"Ketika Anda membaca, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir," kata Maryanne Wolf, EdD, direktur UCLA Center for Dyslexia, Diverse Learners, and Social Justice.

"Membaca memberikan Anda tombol jeda yang unik untuk pemahaman dan wawasan. Pada umumnya, dengan bahasa lisan, saat Anda menonton film atau mendengarkan kaset, Anda tidak 'menekan tombol jeda'," sambung Wolf.

Manfaat membaca buku akan tetap terasa meskipun kita sudah selesai membaca buku tersebut.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Brain Connectivity di tahun 2013 menemukan, beberapa manfaat terkait membaca bertahan selama lima hari.

"Kami menyebutnya aktivitas bayangan, hampir seperti memori otot," kata Gregory Berns, PhD, penulis utama studi yang juga direktur Center for Neuropolicy di Emory University, Atlanta, Amerika.

Baca juga: 10 Tips Mudah untuk Lebih Banyak Membaca Buku

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com