Kompas.com - 22/03/2021, 10:03 WIB
Ilustrasi membaca buku shutterstockIlustrasi membaca buku

KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa diterapkan untuk membantu melatih otak guna meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif. Contohnya, mempelajari bahasa asing, bermain catur, atau berolahraga.

Namun ada satu langkah mudah yang bisa membantu mengasah dan memperbaiki fungsi otak, yaitu membaca buku.

Menurut penelitian, otak bekerja lebih keras dan lebih baik dengan membaca. Perubahan yang terlihat dari membaca buku terjadi di area yang terkait dengan penerimaan bahasa, korteks temporal kiri.

Memproses materi tertulis, mulai dari huruf, kata-kata, hingga kalimat dan cerita akan menarik perhatian sel syaraf saat melihat semua informasi.

Baca juga: Membaca Buku di Luar Rumah Lebih Baik untuk Kesehatan, Kok Bisa?

Proses tersebut juga terjadi saat seseorang memproses bahasa lisan, namun membaca membuat otak bekerja lebih keras dan lebih baik.

"Ketika Anda membaca, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir," kata Maryanne Wolf, EdD, direktur UCLA Center for Dyslexia, Diverse Learners, and Social Justice.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Membaca memberikan Anda tombol jeda yang unik untuk pemahaman dan wawasan. Pada umumnya, dengan bahasa lisan, saat Anda menonton film atau mendengarkan kaset, Anda tidak 'menekan tombol jeda'," sambung Wolf.

Manfaat membaca buku akan tetap terasa meskipun kita sudah selesai membaca buku tersebut.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Brain Connectivity di tahun 2013 menemukan, beberapa manfaat terkait membaca bertahan selama lima hari.

"Kami menyebutnya aktivitas bayangan, hampir seperti memori otot," kata Gregory Berns, PhD, penulis utama studi yang juga direktur Center for Neuropolicy di Emory University, Atlanta, Amerika.

Baca juga: 10 Tips Mudah untuk Lebih Banyak Membaca Buku

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.