Kompas.com - 29/03/2021, 13:35 WIB
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar menjalani foto prewedding di GBK Senayan, Jakarta. YouTube Aurelie HermansyahAurel Hermansyah dan Atta Halilintar menjalani foto prewedding di GBK Senayan, Jakarta.

KOMPAS.com - Puasa mutih menjadi salah satu tradisi Jawa yang dijalankan oleh Aurel Hermansyah menjelang pernikahannya dengan Atta Halilintar.

Aurel Hermansyah menjalani rangkaian dari berbagai tradisi sebelum hari bahagianya. Jika sebelumnya ia menggelar siraman dan henna night, kali ini putri dari Krisdayanti itu memamerkan ritual puasa mutihnya lewat unggahan di instagram.

Ia membatasi diri hanya mengkonsumsi putih telur dan air putih selama sepekan.

Tradisi ini memang kerap dijalankan calon pengantin dalam pernikahan dengan tradisi Jawa, walau kebanyakan orang memilih makan nasi putih tanpa lauk dan minum air saja saat menjalankannya.

Konon tujuan puasan ini adalah untuk meningkatkan aura pengantin sekaligus doa agar acaranya bisa berlangsung lancar.

Tradisi ini masih terus dijalankan di berbagai daerah hingga saat ini karena dipercaya kaya manfaat.

Seperti dimuat dalam Kompas.com pada (04/07/2013), puasa mutih juga bisa menjadi upaya detoksifikasi tubuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada berbagai daerah yang memiliki tradisi menjalankan puasa mutih sebelum pernikahan. Setiap daerah umumnya punya tata cara dan larangan yang berbeda mengenai hal ini.

Sementara itu, riset dari IAIN Kudus menyebutkan jika sebenarnya puasa mutih tidak harus dilakukan oleh pengantin wanita saja. Pengantin pria juga dianjurkan untuk melakukan tradisi penghormatan leluhur ini.

Tradisi dipercaya untuk membersihkan kesialan sehingga hidup ini dipenuhi dengan keberuntungan. Puasa mutih ini juga mampu melancarkan apa yang diinginkan agar segera terwujud.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.