Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2021, 13:35 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Puasa mutih menjadi salah satu tradisi Jawa yang dijalankan oleh Aurel Hermansyah menjelang pernikahannya dengan Atta Halilintar.

Aurel Hermansyah menjalani rangkaian dari berbagai tradisi sebelum hari bahagianya. Jika sebelumnya ia menggelar siraman dan henna night, kali ini putri dari Krisdayanti itu memamerkan ritual puasa mutihnya lewat unggahan di instagram.

Ia membatasi diri hanya mengkonsumsi putih telur dan air putih selama sepekan.

Tradisi ini memang kerap dijalankan calon pengantin dalam pernikahan dengan tradisi Jawa, walau kebanyakan orang memilih makan nasi putih tanpa lauk dan minum air saja saat menjalankannya.

Konon tujuan puasan ini adalah untuk meningkatkan aura pengantin sekaligus doa agar acaranya bisa berlangsung lancar.

Tradisi ini masih terus dijalankan di berbagai daerah hingga saat ini karena dipercaya kaya manfaat.

Seperti dimuat dalam Kompas.com pada (04/07/2013), puasa mutih juga bisa menjadi upaya detoksifikasi tubuh.

Ada berbagai daerah yang memiliki tradisi menjalankan puasa mutih sebelum pernikahan. Setiap daerah umumnya punya tata cara dan larangan yang berbeda mengenai hal ini.

Sementara itu, riset dari IAIN Kudus menyebutkan jika sebenarnya puasa mutih tidak harus dilakukan oleh pengantin wanita saja. Pengantin pria juga dianjurkan untuk melakukan tradisi penghormatan leluhur ini.

Tradisi dipercaya untuk membersihkan kesialan sehingga hidup ini dipenuhi dengan keberuntungan. Puasa mutih ini juga mampu melancarkan apa yang diinginkan agar segera terwujud.

Puasa mutih dilakukan layaknya puasa biasa dari subuh sampai magrib. Asupan makanan yang diperbolehkan terbatas pada nasi putih dan air putih untuk berbuka maupun sahur.

Orang yang menjalankannya juga dianjurkan untuk menjalankan berbagai ibadah seperti salat malam dan salat hajat. Calon pengantin diharapkan mendoakan diri dan pasangannya agar terjauh dari berbagai hal negatif selama menjalani mahligai pernikahan.

Riset ini juga menyebutkan jika puasa mutih bisa berdampak buruk pada pemenuhan nutrisi harian bila dilakukan dalam jangka panjang. Pasalnya tubuh hanya mendapatkan asupan karbohidrat saja.

Karena itu amat disarankan bagi calon pengantin yang ingin menjalaninya untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com