Kompas.com - 06/04/2021, 09:26 WIB
Ilustrasi lari coffeekaiIlustrasi lari
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan memang susah-susah gampang. Banyak cara untuk mewujudkannya. Namun, banyak pula faktor yang menyebabkannya berhasil atau tidak.

Faktor hormon, usia, gaya hidup atau yang lainnya bisa saja mempengaruhi penurunan berat badan kita.

Konon, orang yang memiliki tubuh mungil atau pendek lebih sulit untuk menurunkan berat badannya dibanding yang memiliki tubuh yang cukup tinggi. Mengapa begitu?

Ya, tinggi badan memang memainkan peran penting dalam penurunan berat badan. 

Orang yang tinggi memiliki lebih banyak massa otot daripada orang yang pendek. Orang dengan tubuh pendek secara alami memiliki massa tanpa lemak yang lebih sedikit, yang terdiri dari jaringan, organ, tulang, dan otot.

Padahal massa otot memengaruhi laju metabolisme basal (BMR), yang menentukan berapa banyak kalori yang dibakar tubuh saat istirahat.

Semakin tinggi jumlah massa otot dalam tubuh, semakin besar metabolisme dan semakin cepat proses penurunan berat badan.

Oleh karena itu, orang yang lebih pendek harus bekerja lebih keras untuk menurunkan berat badan dibanding orang tinggi.

Namun, penting untuk diingat bahwa banyak faktor lain seperti perubahan gaya hidup, hormon, kebiasaan tidur, dan lainnya yang dapat memengaruhi perjalanan penurunan berat badan.

Berikut adalah beberapa tips penurunan berat badan yang dapat diikuti untuk yang bertubuh pendek:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X