Kompas.com - 06/04/2021, 10:14 WIB
Ilustrasi jus perpaduan buah dan sayur. ShutterstockIlustrasi jus perpaduan buah dan sayur.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Nutrisi dari makanan bergizi adalah salah satu faktor penting untuk membuat tubuh tetap bugar dan sehat, selain olahraga dan istirahat yang cukup.

Namun soal mengatur makan ini seringkali lebih sulit dibanding usaha lainnya. Pasalnya banyak makanan yang jauh lebih menggoda daripada makanan sehat, seperti junk food atau makanan manis.

Padahal, melansir Health Line, makan 231 gram sayuran atau gabungan buah dan sayuran 500 gram per hari dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan memperpanjang umur.

Selain itu, World Health Organization (WHO) menyarankan untuk mengonsumsi minimal 400 gram buah dan sayuran per hari (tidak termasuk kentang dan umbi bertepung lainnya).

Ini bertujuan untuk pencegahan penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan obesitas, serta untuk pencegahan dan pengentasan beberapa defisiensi mikronutrien.

Namun, masalahnya, tidak semua orang suka makan sayur dan buah, terutama anak-anak. Mengonsumsi 400 gram buah dan sayur jadi tak semudah yang dibayangkan.

Kita bisa saja mengonsumsinya dengan cara dimakan langsung, dimasak, atau dibuat jus. Namun, jika prosesnya tidak tepat, nutrisi yang terkandung pun bisa memudar.

Nah, ada satu cara yang cukup efektif untuk mengonsumsi buah dan sayur ini, yaitu dengan cold press juice.

Cold press juice ini berbeda dari jus pada umumnya. Prosesnya menggunakan teknik perasan bertekanan tinggi, yang bertujuan untuk mempertahankan nutrisi sayur dan buah.

Untuk membuatnya, kita perlu tahu cara dan kombinasi yang tepat agar hasilnya bermanfaat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X