Kompas.com - 06/04/2021, 10:45 WIB
Ilustrasi PIXABAYIlustrasi

KOMPAS.com - Bibir pecah-pecah sering kali membuat kita merasa tidak nyaman karena bibir akan terasa perih. Selain itu, kulit bibir yang kering itu membuat pulasan lipstik jadi kurang sempurna.

Terkadang, penyebab bibir pecah-pecah jelas terlihat seperti kurang minum air atau lupa melembapkan bibir sehingga muncul iritasi.

Lebih lanjut, berikut adalah penyebab paling umum dari bibir pecah-pecah dan tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

1. Suhu dan cuaca ekstrim

Dokter spesialis kulit, Corey L.Hartman, MD mengatakan bahwa udara panas, dingin, dan kering yang ekstrim dapat membuat bibir teriritasi.

Bibir yang cukup lama terpapar sinar matahari juga dapat mengelupas dan terasa kering.

Ditambahkan dokter spesialis kulit Evan Rieder MD, bibir yang kerap terpapar sinar matahari dengan intensitas tinggi juga rentan terhadap actinic cheilitis. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Actinic cheilitis pada dasarnya adalah kerusakan prakanker pada bibir dan harus dirawat oleh dokter kulit untuk mencegah perkembangan menjadi kanker sel skuamosa," terangnya.

Baca juga: Lipstik Sulit Menempel karena Bibir Kering, Ini Solusinya

2. Makanan asin dan pedas

Makanan asin dan pedas adalah salah satu penyebab bibir pecah-pecah yang mungkin tidak secara langsung menjadi penyebabnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.