Kompas.com - 07/04/2021, 17:31 WIB
Chopard L.U.C Quattro Spirit 25 ChopardChopard L.U.C Quattro Spirit 25
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kemampuan membuat jam tangan yang rumit selalu dianggap sebagai pembuktian bahwa sebuah merek layak dimasukkan dalam jajaran brand bergengsi.

Hal tersebut disadari Chopard dengan merilis berbagai variasi arloji, mulai dari seri perpetual calendar (kalender abadi) hingga repeater menit.

Chopard L.U.C Quattro Spirit 25Chopard Chopard L.U.C Quattro Spirit 25
Namun, satu hal yang belum pernah mereka buat adalah jam tangan jump hour. Kini, berbarengan dengan perayaan ulang tahun ke-25, Chopard memperkenalkan L.U.C Quattro Spirit 25, yang merupakan jenis jump hour, dengan penunjuk jam berupa angka yang "melompat"setiap satu jam.

Dengan casing 40 mm dari emas rose 18 karat, dan dial jam dari enamel Grand Feu warna putih, arloji ini terlihat klasik. Angka yang menunjukkan menit ditambah tali dari kulit aligator berwarna coklat menambah kesan tersebut.

Selain itu, bentuknya yang bulat terinspirasi dari case tipe hunter pada jam saku yang pernah dirancang oleh Louis-Ulysse Chopard.

Tetapi keistimewaan jam ini ada pada sistem jump hour-nya. Jam tangan jump-hour adalah salah satu jenis jam dengan mesin yang menantang untuk dibuat. Alasannya adalah karena jenis mesin ini cukup rumit.

Pada model jump hour, selama satu jam penuh mesin akan menyimpan tenaga, yang kemudian dilepaskan dalam sepersekian detik. Jam harus melompat secara instan dan berhenti di posisi yang tepat, karena ketidaksejajaran sekecil apa pun bisa terlihat dengan jelas.

Desain Chopard L.U.C Quattro Spirit 25Chopard Desain Chopard L.U.C Quattro Spirit 25
Tantangan lain dari jam tangan jenis ini adalah kerumitannya akan menghabiskan cukup banyak energi. Namun demikian, Chopard berhasil memberi L.U.C Quattro Spirit 25 cadangan daya selama 8 hari.

Rahasianya terletak pada teknologi Quatro Chopard, di mana empat barel pegas utama ditumpuk dan digabungkan secara seri pada mesin buatannya yang diberi nama LUC 98.06-L.

Untuk menjaga desain bagian depan jam tangan agar terlihat clean maka cadangan daya dapat dibaca di indikator di belakang. Bagian depan jam hanya menampilkan penunjuk jam di bukaan pada angka enam, jarum menit, serta angka penunjuk menit.

Chopard L.U.C Quattro Spirit 25Chopard Chopard L.U.C Quattro Spirit 25
Meski begitu, Chopard juga memberikan perhatian khusus pada penyelesaian dan dekorasi mesin jam, yang membuat bagian belakang jam tangan sama mengesankannya dengan bagian depannya.

Karena keindahan dan mekanismenya, L.U.C Quattro Spirit 25 mendapatkan penghargaan Poinçon de Genève. Label ini diberikan hanya kepada beberapa kreasi pembuat jam yang dianggap berkualitas, presisi, dan istimewa.

Jam tangan yang hanya dibuat 100 buah ini terbukti menunjukkan kompetensi teknis merek Chopard, dan dijual seharga Rp 650 juta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X